Sallacca Coffee, Racikan Biji Salak Dengan Manfaat Kesehatan


Sallacca Coffee
bloggerbengkulu - Industri kreatif di Provinsi Bengkulu sejak beberapa tahun terakhir ini memang terus bergairah. Banyaknya workshop, pelatihan hingga ajang pameran serta pembinaan, memang memberi dampak positif luar biasa bagi perkembangan industri lokal.

Salah satunya tersaji dalam ajang Pameran UKM yang baru saja digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu di Sport Center Pantai Panjang.

Dalam event yang digelar selama dua hari itu, ada ratusan bahkan mungkin ribuan item hasil kreasi pelaku industri daerah yang dipamerkan.

Namun kita kali bukan mereview soal pamerannya guys, melainkan salah satu produk yang dibawa oleh seorang pelaku UKM asal Desa Harapan Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah.

Adalah Sallacca Coffee, salah satu brand kopi olahan asli Bengkulu Tengah yang ambil bagian dalam ajang pameran tersebut. Yang menarik, salah satu varian kopi yang disajikan tak hanya merupakan dari biji kopi melainkan juga ada yang dari non kopi, yakni dari biji salak.

Karena penasaran setelah selama ini hanya mendengar namanya bersliweran di sosial media, akhirnya kamipun mencobanya langsung.

Kopi biji salak ini diseduh langsung di lokasi, dengan teknik Brewing Syphon yang merupakan teknik penyeduhan kopi melalui teknik penguapan.

Novrini, owner Sallacca Coffee berpose bersama salah seorang Tim Dinas Koperasi UKM Bengkulu Tengah.
Begitu disodorkan satu gelas panas Sallacca Coffee yang telah diseduh tadi, kami langsung menghirup aromanya, segar, tapi ini jauh lebih fresh. Setelah dirasa cukup hangat, satu seruputan Sallacca Coffee pun langung kami teguk.

Hemm...meski dari bahan biji salak, toh tak ada rasa kelat yang khas dari buah salak. Meski demikian, rasa kopinya atau rasa apa yah namanya kalo bukan dari biji kopi haha.. yah pokoknya aromanya tetap kopi deh.

Menurut kami rasanya tetap yahud namun terasa jauh lebih fresh dan segar. Bisa jadi memang karena ini dari biji salak, ataupun memang bisa jadi juga karena teknik penyeduhan yang dilakukannya.

Urusan perizinan sih, menurut Novrini sang owner, saat ini sudah tuntas dan tinggal menunggu penerbitan nomor dari MUI dan BPOM. Sementara untuk izin industri, sudah dikantonginya sejak awal.

Buat Anda yang penasaran, bisa langsung memesan melalui nomor telpon ataupun WA, di 0811-7391-181.

Bila sudah mendapatkan produk ini, salah satu saran penyajiannya bila belum memiliki peralatan khusus, maka baiknya Anda lebih dulu menyiapkan kopi yang akan disehuh, lalu air panas di suhu 95 derajat celcius.

Selanjutnya siram kopi yang belum ditambah gula tadi dengan air panas, aduk dulu baru kemudian tambahkan gula secukupnya sesuai selera.

Bisa juga menggunakan alat tambahan berupa kertas saring, untuk mendapatkan hasil seduhan yang lebih maksimal. Kertas saring sendiri bisa dibeli di apotek ataupun di toko kesehatan.

Ada banyak manfaat dari kopi biji salak ini, salah satu hasil penelitian menyebut sajian kopi biji salak ini mampu menurunkan asam urat, menurunkan kolesterol dan darah tinggi.


Tak hanya itu, kopi biji salak juga mempunyai antioksidan paling tinggi, namun dengan caffein paling rendah yakni hanya 2,5 persen.

SHARE THIS

4 komentar:

  1. sayang banget ga bisa nyicipin, jadi penasaran

    BalasHapus
  2. ini bener ya kopi dari biji salak? pingin nyoba..

    BalasHapus

Silahkan komentar tanpa menyinggung pihak manapun