Air Terjun Keren di Bengkulu

adsense 336x280 Bicara tentang wisata alam, Bengkulu memang juaranya (hehe). Banyak wisata alam yang keren, salah satunya adalah wisata air terjun. Terdapat puluhan air terjun keren di provinsi yang terkenal dengans sebutan Bumi Rafflesia ini. Namun, kali ini  penulis akan mengulas beberapa air terjun keren yang pernah penulis datangi. Semoga menambah referensi kamu untuk menghabiskan waktu berlibur di Bengkulu ya!

1. Air Terjun Curug 9
sumber foto: dokumen pribadi
Air terjun Curug 9 tereletak di desa Tanah Hitam, kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota Bengkulu menuju pusat kota kabupaten Bengkulu Utara (Argamakmur). Dari bundaran pusat kota kabupaten Bengkulu Utara (Argamakmur) menuju desa Tanah Hitam lebih kurang satu jam. Dan, hulalala..... siapkan fisik kamu dengan baik ya. Tracking dari desa Tanah Hitam menuju air terjun Curug 9 kurang lebih 3,5-4 jam. Jadi, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk berwisata ke Curug 9 adalah 7-8 jam. Estimasi waktu PP (pulang-pergi) adalah 13-14 jam. So, siapkan time management yang baik ya sebelum ke sini.

Untuk biaya tergolong murah. Kamu bisa mengendarai sepeda motor dan akan menghabiskan bensin sekitar 4-5 liter PP. Untuk tiket masuk ke tempat wisata hanya 5000 rupiah per orang dan 5000 rupiah biaya parkir motor serta 15.000 rupiah untuk mobil. 

2. Ai Terjun Datar Lebar
sumber foto: dokumen pribadi
Air terjun Datar Lebar terletak di desa Datar Lebar, kecamatan Taba Penanjung, kabupaten Bengkulu Tengah. Dibutuhkan waktu sekitar 60-90 menit dari kota Bengkulu menuju kabupaten Bengkulu Tengah, PP (pulang-pergi) sekitar 2-3 jam.  Dari desa Datar lebar menuju air terjun dibutuhkan waktu 60 menit saja untuk tracking, PP (pulang-pergi) sekitar 2 jam.  Jadi, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk berwisata ke sini adalah sekitar 5-6 PP. 

Biaya yang dikeluarkan tergolong murah. Hanya menghabiskan 2-3  liter bensin. Untuk tiket masuk free entry alias gratis. 

3. Air Terjun Batu Betiang
sumber foto: KSDAE
Air Terjun Batu Betiang terletak di kabupaten Rejang Lebong, tepatnya di desa Merasi, kabupaten Bermani Ulu Raya. Dari kota Bengkulu dibutuhkan waktu 3-4 jam untuk tiba di desa Merasi. Dari desa Merasi kita akan tracking selama 3-4 jam untuk tiba di air terjun Batu Betiang. Jadi, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk berwisata ke air terjun ini adalah 7-8 jam (bahkan lebih). Wah, lama juga ya. Jangan lupa lakukan persiapan yang matang sebelum ke sini.

Tidak dipungut biaya untuk berwisata ke sini. Jika menggunakan sepeda motor hanya menghabiskan bensin sekitar 5-6 liter PP. 

Baca juga: Air Terjun Curug 9: Destinasi Wisata yang Tersembunyi (Explore Bengkulu)

4. Air Terjun Cuup Psuk
sumber foto: dokumen pribadi
Air terjun Cuup Psuk terletak di desa Penembang, Kecamatan Merigi Kelindang, kabupaten Bengkulu Tengah. Akses untuk menuju air terjun Cu'up Psuk tergolong mudah. Ya, karena air terjun ini terletak tak jauh dari kota Bengkulu. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam PP (pulang-pergi) kita sudah sampai di air terjun yang  keren ini.

Cukup membayar 2000 rupaih kita sudah bisa menikmati keindahan air terjun Cu'up Psuk. JIka menggunakan sepeda motor hanya menghabiskan 2-3 liter bensin (PP).

5. Air Terjun Curug Embun Tabalagan
sumber foto: sajaksajakgagal.com
Air terjun ini terletak di desa Tabalagan, kabupaten Bengkulu Tengah. Air terjun ini sangat dekat dengan kota Bengkulu. Dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit untuk tiba di sana. Estimasi waktu yang dibutuhkan adalah 2 jam PP (pulang-pergi).

Tiket masuk plus parkir kendaraan hanyan 2000 rupiah saja. Menghabis 1-2 liter bensin PP untuk berwisata ke air terjun keren ini. 

6. Air Terjun Kemumu
sumber foto: travel.detik
Air terjun kemumu terletak di desa Kemumu, kecamatan Arma Jaya, kabupaten Bengkulu utara. Dibuthkan kurang lebih dua jam dari kota Bengkulu untuk tiba di air terjun cantik ini. Dari pintu  masuk kita akan tracking selama 15 menit untuk tiba di air terjun. Jadi estimasi waktu yang dibutuhkan adalah 4 jam perjalanan PP (pulang-pergi) dari kota Bengkulu dan 30 menit tracking PP (pulang-pergi) menuju air terjun.

Untuk tiket 3000 saja. Eits, bisa jadi sekarang sudah 5000 ya. Terakhir penulis ke sini saat kuliah (hehe). Isi bensin motor kamu 3-4 liter saja. Insya Allah cukup kok. 

7. Air Terjun Curug Embun Kepahiang
sumber foto: Way 2 East
Air terjun Curug Embun Kepahiang terletak di desa Tapak Gedang, kecamatan Tebat Karai. Dibutuhkan kurang lebih 2-3 jam untuk tiba di sini. Dan hanya butuh waktu sekitar 15 menit tracking dari area parkir menuju air terjun.

Dulu (sudah lama sekali.. hehe) tidak dipungut biaya untuk berwisata ke sini. Kalo sekarang sepertinya sudah dipungut tiket masuk ya (bisa jadi). 


Nah, itulah tadi beberapa air terjun keren yang pernah penulis datangi. Ditunggu ya kedatangannya di tempat-tempat keren ini.......

See you.....
adsense 336x280

0 Response to "Air Terjun Keren di Bengkulu"

Posting Komentar

Silahkan komentar tanpa menyinggung pihak manapun