Benteng Marlborough

Advertisement

Benteng Marlborough

Nynamuztyka
Senin, 16 April 2018



Salah satu destinasi tujuan wisata yang tidak boleh ketinggalan kalau mengunjungi kota Bengkulu adalah Benteng Marlborough. Benteng besar yang berdiri kokoh ini adalah peninggalan jaman penjajahan Inggris.

Benteng Marlborough berlokasi di Jl. Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara. Lokasi ini bisa dijangkau dari berbagai arah. Bisa dari menelusuri Pantai Panjang. Bisa juga dari daerah Pintu Batu. Atau dari arah Pantai Jakat.

Lokasi wisata benteng ini sangatlah asik. Dimana benteng berada berdekatan dengan berbagai wisata lain, yaitu Pantai Tapak Paderi, Pantai Jakat, Pondok Sandal Jodoh, Kampung Cina, dan Taman Rusa Rumah Dinas Gubernur serta View Tower.

Berada di dalam kawasan Benteng Marlborough ada banyak sekali pemandangan yang indah. Mulai dari pemandangan pantai, arsitektur bangunan, benda peninggalan sejarah, pemandangan rumah-rumah penduduk yang elok di lihat dari atas benteng, serta rerumputan hijau dan tanaman yang menyejukkan.
Pict by: Nanang Khunaifi
Favorit biasanya adalah melihat pemandangan dari atas benteng. Dengan duduk santai kita bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Di bagian atas benteng juga merupakan tempat yang bagus untuk spot photo. Selain pemandangan, di bagian atas benteng ini juga terdapat beberapa meriam.

Untuk mengetahui sejarah dari benteng Marlborough bisa dengan melihat tulisan yang di sajikan di dalam ruangan kamar-kamar benteng. Memasuki ruangan-ruangan di benteng juga bisa membuat kita memprakirakan bagaimana aktifitas dalam benteng ini dahulunya.

Selain ruangan biasa yang terdapat di bangunan. Di benteng ini juga terdapat barak militer. Kemudian juga ada beberapa ruangan penjara yang sangat kecil. Ruangan penjara ini hanya seperti jendela yang diberi sedikit ruang untuk satu orang, kemudian diterali.

Di bagian terpisah ada bangunan yang merupakan perkantoran. Sekarang di bagian bangunan ini buatkan ruangan untuk sholat. Peralatan untuk sholat sudah lengkap disediakan. Tempat wudhu dan toilet berada di dekat ruangan sholat itu.

Halaman benteng ini sangat luas. Wajar saja, keseluruhan luas benteng mencapai 44.000 meter2. Ukuran bangunan 240x170 m. Ketinggian dinding sangat bervariasi. Ketebalan dinding pun bervariasi.

Pict by: Nanang Khunaifi

Untuk pertahanan, benteng memiliki banyak meriam. Benteng juga dikelilingi dengan parit yang dalam. Pintu benteng sangat besar dan tebal. Juga pintu memiliki kontur bentuk duri. Jembatan menuju pintu pun dibuat dengan sistem bisa diangkat.

Pict by: Nanang Khunaifi