Latest News

Minggu, 29 April 2018

Nangkring Rumah Tahfidz pertama di Bengkulu, Blogger adakan Tausyiah

Rumah Tahfidz Bakti Ilahi.
Tahfidz adalah sebutan untuk wadah penghapal al-qur’an, yang dapat menguasai kitab Islam dengan menggunakan metode tertentu. Bengkulu punya wadah untuk melatih serta berbuat untuk generasi yang mahir dalam melafalkan firman allah ini. Bertajuk Rumah Tahfidz Bakti Ilahi ( RTBI ) Bengkulu adalah sebuah tempat pendidikan dengan program yang mempuni untuk tepat dan ulet membentuk penghapal al-qur’an. Berlokasi di jalan Belato nomor 56 Rt 006 Rw 02 Kelurahan Berkas,Kecamatan Teluk Segara, Bengkulu lebih tepatnya di bilangan makam Inggris

Blogger Bengkulu dengan rasa yang bangga terhadap hafidz adakan kelas blogger ke-9 bertemakan pentingnya menulis untuk kebaikan bersama, dikemas dalam tausyiah blogger Minggu(29/04/18). Bobe pun banyak mengetahui kegiatan yang sudah terjadwal dirumah yang punya 31 tahfidz ini, sebut saja setor ayat, silat, renang, metode unik menghapal al-qur’an dan lainnya.

Untuk menciptakan generasi penghapal al-qur’an harus ada komitmen dari para hafidz mereka pun dididik dengan mondok di rumah ini. Aspek kemandirian sudah dipupuk tak dilupakan juga saling bergotong royong mulai di gerakan lagi ini dibuktikan dengan penilaian kebersihan kamar santri. Akhlak dengan sendirinya terstimulan dengan kegiatan yang diberikan kepada tahfidz.

Fasilitas pun sudah sangat memadahi ini pula menjadi keyakinan untuk menitipkan anak di rumah ini. Perekrutan pun menggunakan test dan seleksi yang sedemikian rupa, namun jangan ragu dengan niat yang sudah terpatih dalam diri anak untuk belajar menjadi hafidz.

Untuk donatur yang ingin menyumbangkan berbagai kebutuhan atau pun uang dapat langsung menghubungi pihak RTBI. Banyak program yang telah dan akan dilaksanan dengan titik berat pada sosial. Tak hanya mendidik anak menghapal al-qur’an mereka ikut dilibatkan dalam kesosialan yang tentunya membuat mereka lebih peka terhadap sesamanya.

Dua narasumber yang mengisi tausyiah menelaah masalah dakwah bil media, paling tidak kita imbangi tulisan yang bernilai negatif dengan tulisan kita yang berisi informasi, edukasi, serta mengajak kepada kebaikan sesuai dengan tuntunan Islam. Mereka adalah Ustad Hilman Nugraha dan Piter Julius Vero, ingatan untuk menulis dengan kemaslahatan umat ditekankan sangat.

Mendidik anak disini merupakan salah satu cara orang tua tetap mempertahankan kepribadian bangsa serta mengejar ridho allah dengan kebaikan yang diakibatkan oleh penghafal al-qur’an atau sebutannya Hafidz. Memang saat ini masih belum ada untuk penghapal al-qur’an perempuan namun sudah ada banyak permintaan untuk itu, dan akan segera diwujudkan. Salam Hafidz!!


Kamis, 26 April 2018

Air Terjun Keren di Bengkulu

Bicara tentang wisata alam, Bengkulu memang juaranya (hehe). Banyak wisata alam yang keren, salah satunya adalah wisata air terjun. Terdapat puluhan air terjun keren di provinsi yang terkenal dengans sebutan Bumi Rafflesia ini. Namun, kali ini  penulis akan mengulas beberapa air terjun keren yang pernah penulis datangi. Semoga menambah referensi kamu untuk menghabiskan waktu berlibur di Bengkulu ya!

1. Air Terjun Curug 9
sumber foto: dokumen pribadi
Air terjun Curug 9 tereletak di desa Tanah Hitam, kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Kota Bengkulu menuju pusat kota kabupaten Bengkulu Utara (Argamakmur). Dari bundaran pusat kota kabupaten Bengkulu Utara (Argamakmur) menuju desa Tanah Hitam lebih kurang satu jam. Dan, hulalala..... siapkan fisik kamu dengan baik ya. Tracking dari desa Tanah Hitam menuju air terjun Curug 9 kurang lebih 3,5-4 jam. Jadi, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk berwisata ke Curug 9 adalah 7-8 jam. Estimasi waktu PP (pulang-pergi) adalah 13-14 jam. So, siapkan time management yang baik ya sebelum ke sini.

Untuk biaya tergolong murah. Kamu bisa mengendarai sepeda motor dan akan menghabiskan bensin sekitar 4-5 liter PP. Untuk tiket masuk ke tempat wisata hanya 5000 rupiah per orang dan 5000 rupiah biaya parkir motor serta 15.000 rupiah untuk mobil. 

2. Ai Terjun Datar Lebar
sumber foto: dokumen pribadi
Air terjun Datar Lebar terletak di desa Datar Lebar, kecamatan Taba Penanjung, kabupaten Bengkulu Tengah. Dibutuhkan waktu sekitar 60-90 menit dari kota Bengkulu menuju kabupaten Bengkulu Tengah, PP (pulang-pergi) sekitar 2-3 jam.  Dari desa Datar lebar menuju air terjun dibutuhkan waktu 60 menit saja untuk tracking, PP (pulang-pergi) sekitar 2 jam.  Jadi, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk berwisata ke sini adalah sekitar 5-6 PP. 

Biaya yang dikeluarkan tergolong murah. Hanya menghabiskan 2-3  liter bensin. Untuk tiket masuk free entry alias gratis. 

3. Air Terjun Batu Betiang
sumber foto: KSDAE
Air Terjun Batu Betiang terletak di kabupaten Rejang Lebong, tepatnya di desa Merasi, kabupaten Bermani Ulu Raya. Dari kota Bengkulu dibutuhkan waktu 3-4 jam untuk tiba di desa Merasi. Dari desa Merasi kita akan tracking selama 3-4 jam untuk tiba di air terjun Batu Betiang. Jadi, estimasi waktu yang dibutuhkan untuk berwisata ke air terjun ini adalah 7-8 jam (bahkan lebih). Wah, lama juga ya. Jangan lupa lakukan persiapan yang matang sebelum ke sini.

Tidak dipungut biaya untuk berwisata ke sini. Jika menggunakan sepeda motor hanya menghabiskan bensin sekitar 5-6 liter PP. 

Baca juga: Air Terjun Curug 9: Destinasi Wisata yang Tersembunyi (Explore Bengkulu)

4. Air Terjun Cuup Psuk
sumber foto: dokumen pribadi
Air terjun Cuup Psuk terletak di desa Penembang, Kecamatan Merigi Kelindang, kabupaten Bengkulu Tengah. Akses untuk menuju air terjun Cu'up Psuk tergolong mudah. Ya, karena air terjun ini terletak tak jauh dari kota Bengkulu. Hanya dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam PP (pulang-pergi) kita sudah sampai di air terjun yang  keren ini.

Cukup membayar 2000 rupaih kita sudah bisa menikmati keindahan air terjun Cu'up Psuk. JIka menggunakan sepeda motor hanya menghabiskan 2-3 liter bensin (PP).

5. Air Terjun Curug Embun Tabalagan
sumber foto: sajaksajakgagal.com
Air terjun ini terletak di desa Tabalagan, kabupaten Bengkulu Tengah. Air terjun ini sangat dekat dengan kota Bengkulu. Dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit untuk tiba di sana. Estimasi waktu yang dibutuhkan adalah 2 jam PP (pulang-pergi).

Tiket masuk plus parkir kendaraan hanyan 2000 rupiah saja. Menghabis 1-2 liter bensin PP untuk berwisata ke air terjun keren ini. 

6. Air Terjun Kemumu
sumber foto: travel.detik
Air terjun kemumu terletak di desa Kemumu, kecamatan Arma Jaya, kabupaten Bengkulu utara. Dibuthkan kurang lebih dua jam dari kota Bengkulu untuk tiba di air terjun cantik ini. Dari pintu  masuk kita akan tracking selama 15 menit untuk tiba di air terjun. Jadi estimasi waktu yang dibutuhkan adalah 4 jam perjalanan PP (pulang-pergi) dari kota Bengkulu dan 30 menit tracking PP (pulang-pergi) menuju air terjun.

Untuk tiket 3000 saja. Eits, bisa jadi sekarang sudah 5000 ya. Terakhir penulis ke sini saat kuliah (hehe). Isi bensin motor kamu 3-4 liter saja. Insya Allah cukup kok. 

7. Air Terjun Curug Embun Kepahiang
sumber foto: Way 2 East
Air terjun Curug Embun Kepahiang terletak di desa Tapak Gedang, kecamatan Tebat Karai. Dibutuhkan kurang lebih 2-3 jam untuk tiba di sini. Dan hanya butuh waktu sekitar 15 menit tracking dari area parkir menuju air terjun.

Dulu (sudah lama sekali.. hehe) tidak dipungut biaya untuk berwisata ke sini. Kalo sekarang sepertinya sudah dipungut tiket masuk ya (bisa jadi). 


Nah, itulah tadi beberapa air terjun keren yang pernah penulis datangi. Ditunggu ya kedatangannya di tempat-tempat keren ini.......

See you.....

Rabu, 25 April 2018

Ochicken : Friedchicken Organik Yang Lezat dan Ekonomis



Fried Chicken merupakan salah satu jenis menu makanan siap saji  yang paling praktis ditengah lapar yang melanda. Bener apa bener? Apalagi kalau makannya ditambah dengan saos cabe dan saos tomat sebagai pelengkapnya.Wah, tambah komplit dan maksyus, bukan?!. Tidak jarang, ketika orang ingin  praktis, maka friedchicken menjadi solusi. Berbagai tipe dan jenis gerai firedchicken pun bertebaran di Kota Bengkulu. Salah satunya gerai Ochicken. Boleh dikatakan gerai ini memang berbeda dari gerai friedchicken lainnya. Ayam yang yang disajikan berasal dari ayam organik, loh. Serta telah disupervisi oleh BALITNAK (Balai Penelitian Ternak). Ayam-ayam yang diternak tidak diberi antibiotik dan tidak disuntik hormon. Sehingga pertumbuhannya berlangsung secara alami.

Kamis, 19 April 2018

Menikmati Sensasi Mie Aceh

Pecinta mie mana suaranyaaaaaa..

Dulu, saat saya baru-baru pindah ke Bengkulu, rasa rindu terhadap makanan yang berseliweran di Sumatera Utara amat mencekam. Mulai dari merindukan putu bambu, mie lidi hingga mie aceh. Untung saat itu saya belum ngidam. Kalo tidak, bisa berabe semuanya.

Sebut saja putu bambu. Genap setahun tinggal di Bengkulu baru nemu tuh cemilan. Menyusul mie aceh. Kalau mie lidi masih bisa saya masak di rumah karena stoknya banyak sekali saya bawa dari kampung waktu nikahan. Belum lagi keluarga datang berkunjung, saya selalu nitip mie lidi. Tapi mie aceh, mau saya dapat di mana?

Hingga akhirnya suatu ketika tak sengaja saya melihat tulisan sebuah warung “Radja Atjeh” di daerah Skip. Serta merta saya berada di puncak kegirangan. Akhirnya kerinduan akan mie ini segera terobati. Saya mengajak suami mampir ke warung itu. suami sendiri agak aneh, karena beliau belum pernah nyicip jajanan ini seumur hidup. Saya terus mensugestinya bahwa makanan ini enak. Dan, wow! Ternyata si dia cukup berkesan. Katanya tekstur mie aceh ini unik dan rasanya pun mantap. Sangkin cocoknya di lidahnya, suatu waktu dia sendiri yang ngajak makan mie aceh ini.


Sebenarnya dari bentuk mienya tak jauh beda dengan bentuk mie lidi khas Sumatera Utara. Tapi dari segi bumbu, ia memang memiliki ciri khas. Saya sendiri tidak tahu resepnya. Yang pasti tekstur kuahnya agak kental, berminyak dan pedas. Jadi kamu yang tidak begitu suka pedas, jangan coba-coba minta nambah level kepedasannya. Karena tanpa diminta pun, mie aceh ini sudah kental dengan rasa pedasnya. Kami jadi berlangganan dengan warung Radja Atjeh ini. Selain tempatnya yang nyaman dan penjualnya yang ramah, tersedia pula wifi gratis yang bikin pelanggan betah berlama-lama.

Untuk varian sendiri Radja Atjeh menyediakan beberapa pilihan. Mulai dari mie aceh kuah polos, tumis polos hingga mie aceh telur dan seafood. Bandrol harganya juga ramah di kantong. Saya sempat panik ketika mau makan di sini, warungnya tutup. Bahkan beberapa kali kami ulangi datang ke sana, tetap saja tutup. Saya sangat kecewa. Tapi ternyata warungnya pindah ke simpang pantai. Rasa kecewa pun terhapus sudah. Tempat baru itu pun kami sambangi kembali. Hingga saya dan penjual menjadi akrab karena intensitas kunjungan kami ke sana yang cukup sering beradu dengan keramahan sang penjual. Cocok deh...

Saat menikmati mie aceh MMTC Medan, bersama duo sahabat tercinta

Sayang, kini Radja Atjeh berpindah tuan. Langganan kami telah kembali ke Aceh bersama anak dan istrinya. Untunglah dalam waktu  yang singkat, Bengkulu sudah punya beberapa warung  Mie Aceh yang bisa menggantikan tempat favorit kami sebelumnya. Seperti Pinto Aceh di KM 6,5, Warung Mie Aceh di jalan Mahakam, dan Rumah Aceh di Pintu Batu.

Tenang saja, warung-warung mie aceh ini tidak menyediakan menu tunggal kok. Ada juga varian makan lain seperti nasi goreng, bihun, aneka jus, kopi dan kerupuk. Jadi yang kurang suka dengan mie tetap bisa menikmati kuliner lain kok yang rasa dan harganya cucok marucok.

Yuk yang belum pernah nyicip, segera dicoba. Pilih saja warung terdekat dengan tempat tinggalmu. Wa bil khusus penikmat mie. Jangan bilang pecinta mie kalau belum pernah merasakan sensasi kelezatan mie aceh.
Selamat Mencoba ya.....




Senin, 16 April 2018

Benteng Marlborough



Salah satu destinasi tujuan wisata yang tidak boleh ketinggalan kalau mengunjungi kota Bengkulu adalah Benteng Marlborough. Benteng besar yang berdiri kokoh ini adalah peninggalan jaman penjajahan Inggris.

Benteng Marlborough berlokasi di Jl. Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara. Lokasi ini bisa dijangkau dari berbagai arah. Bisa dari menelusuri Pantai Panjang. Bisa juga dari daerah Pintu Batu. Atau dari arah Pantai Jakat.

Lokasi wisata benteng ini sangatlah asik. Dimana benteng berada berdekatan dengan berbagai wisata lain, yaitu Pantai Tapak Paderi, Pantai Jakat, Pondok Sandal Jodoh, Kampung Cina, dan Taman Rusa Rumah Dinas Gubernur serta View Tower.

Berada di dalam kawasan Benteng Marlborough ada banyak sekali pemandangan yang indah. Mulai dari pemandangan pantai, arsitektur bangunan, benda peninggalan sejarah, pemandangan rumah-rumah penduduk yang elok di lihat dari atas benteng, serta rerumputan hijau dan tanaman yang menyejukkan.
Pict by: Nanang Khunaifi
Favorit biasanya adalah melihat pemandangan dari atas benteng. Dengan duduk santai kita bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Di bagian atas benteng juga merupakan tempat yang bagus untuk spot photo. Selain pemandangan, di bagian atas benteng ini juga terdapat beberapa meriam.

Untuk mengetahui sejarah dari benteng Marlborough bisa dengan melihat tulisan yang di sajikan di dalam ruangan kamar-kamar benteng. Memasuki ruangan-ruangan di benteng juga bisa membuat kita memprakirakan bagaimana aktifitas dalam benteng ini dahulunya.

Selain ruangan biasa yang terdapat di bangunan. Di benteng ini juga terdapat barak militer. Kemudian juga ada beberapa ruangan penjara yang sangat kecil. Ruangan penjara ini hanya seperti jendela yang diberi sedikit ruang untuk satu orang, kemudian diterali.

Di bagian terpisah ada bangunan yang merupakan perkantoran. Sekarang di bagian bangunan ini buatkan ruangan untuk sholat. Peralatan untuk sholat sudah lengkap disediakan. Tempat wudhu dan toilet berada di dekat ruangan sholat itu.

Halaman benteng ini sangat luas. Wajar saja, keseluruhan luas benteng mencapai 44.000 meter2. Ukuran bangunan 240x170 m. Ketinggian dinding sangat bervariasi. Ketebalan dinding pun bervariasi.

Pict by: Nanang Khunaifi

Untuk pertahanan, benteng memiliki banyak meriam. Benteng juga dikelilingi dengan parit yang dalam. Pintu benteng sangat besar dan tebal. Juga pintu memiliki kontur bentuk duri. Jembatan menuju pintu pun dibuat dengan sistem bisa diangkat.

Pict by: Nanang Khunaifi

Selasa, 10 April 2018

Tempat Wisata Paling Favorit di Bengkulu | Pantai Panjang

Dimana tempat paling mantap untuk menghabiskan libur di Bengkulu? Jawaban paling ringan yang muncul dari mulut orang-orang sudah pasti Pantai Panjang. Spot wisata yang murah meriah ini sangat ramai dikunjung warga Bengkulu maupun luar daerah. Lokasinya yang mudah dijangkau (kurang lebih 5 menit dari pusat kota) dan banyaknya pilihan aktivitas yang bisa dilakukan disana membuat dua tempat ini tidak pernah sepi, terutama di hari libur.

Sumber gambar : @ayutamih