Cara Memasang dan Menggunakan Google Analytic di Blogspot

Advertisement

Cara Memasang dan Menggunakan Google Analytic di Blogspot

Ria Fasha
Senin, 27 Januari 2020

Assalammualaikum sobat Blogger Bengkulu

Apa kabar blognya? Semoga makin semangat ya menulis di blog. 
Nah, salah satu hal yang membuat kita semangat di blog adalah banyaknya visitor yang berkunjung di blog. Naiknya visitor di blog bisa menjadi salah satu indikator bahwa tulisan kita disukai pembaca. Untuk melihat berapa orang yang membaca blog kita bisa melalui dashboard blog ataupun Google Analytic.

Lalu apa sih bedanya page view di dashboard dan google analytic?

Secara teori pageview di dashboard blog maupun google analytic itu sama. Namun statistik blog hanya menghitung pageview berdasarkan jumlah halaman yang dilihat, sedangkan google analytic lebih terperinci per sesi dan per visitor. Biasanya akan ada selisih pageview di dashboard blog dengan google analytic maksimal 50 persen tergantung platformnya. Selisih ini bisa terjadi karena salah tracking kode, salah setting maupun banyaknya spam/robot yang berkunjung ke blog. Makanya saat melakukan kerjasama banyak brand yang lebih menyukai laporan dari google analytic karena dinilai lebih real dibandingkan dengan pageview di dashboard blog.

Cara Memasang Google Analytic di Blogspot

Menurut Wikipedia, Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. 

Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.


Nah berikut cara membuat akun google analytic 


2. Sign up/ buat akun gratis untuk membuat akun google analytic menggunakan akun google 
3. Isi data nama, pilih web untuk opsi apa yang akan anda ukur


4. isi data blog, alamat blog, dan kategori blog dan zona waktu lalu klik buat
5. Lalu akan muncul pop up dan centang setuju


6. Setelah selesai kita akan mendapatkan tracking kode dank ode javascript yang bisa dihubungkan ke blog. Untuk blogspot kita hanya memerlukan tracking kodenya misal UA-123456


Cara memasang google analytic di blog

1. Masuk ke dashboard blog
2. Pilih setting-other
3. Scroll hingga menemukan option google analytic


4. Pada kotak isian analytic property masukkan tracking kode kita tadi lalu save
5. Biasanya tunggu dulu sekitar 24 jam untuk melihat apakah kode tracking kita berhasil
6. Namun jika belum muncul juga coba edit html template kita. Lalu cari apakah kode analytic sudah muncul di template, namun jika belum teman-teman bisa menyalin script analytic di template blog diantara tag <head> dan </head> 

Membaca Statistik Google Analytic

Nah jika akun google analytic kita sudah selesai, kita bisa melihat data kunjungan yang ada di blog kita. Yang paling sering biasanya adalah data untuk pageview bulanan maupun per postingan. Bagaimana melihatnya?

Melihat pageview satu bulan terakhir



Audience-overview. Lalu ganti rentang tanggal sesuai yang diinginkan misal satu bulan. Lalu akan muncul pageview bulanan kita

Melihat pageview per postingan

Pernah nerima job dan kelabakan nggak nyari pageview karena di analytic susah banget naiknya hihi.. saya juga sering begitu, jadi memang kudu sering cek dan boost postingan kita ya kalo memang punya target pv tertentu. Bagaimana mengeceknya?

1. Pilih Behavior-site content- all pages. Lalu ubah rentang waktunya
2. Ubah primary dimension menjadi page title
3. Ketik judul postingan 


4. Lalu akan muncul deh statistic postingan kita
5. Untuk laporannya kita bisa capture pageview itu

Nah semoga bisa diterapkan dan bermanfaat ya!

Penulis : 
Ria Fasha. Baca tulisan ria lainnya di blog www.riafasha.com atau www.happyummi.com