Apa Itu Dosis dan Pengertian 3 x 1 Yang Benar

Advertisement

Apa Itu Dosis dan Pengertian 3 x 1 Yang Benar

Milda Ini
Kamis, 04 Juli 2019

Assalammualaikum.Wr.Wb, sobat Blogger Bengkulu semuanya, apa kabarnya ?

Siapa diantara kita yang pernah menggunakan obat? tentu kita semua pernah menggunakan obat, bukan? 
Nah kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai bagaimana cara yang tepat berinteraksi dengan obat-obatan.

Edukasi tentang obat ini, bisa dimulai sejak usia dini

Dikutip dari buku saku cara cerdas gunakan obat buku panduan AoC GeMa CerMat halaman 23 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama
Sebelum menggunakan obat kita harus membaca terlebih dahulu cara penggunaan obat.

Kedua
Gunakan obat sesuai dosis, tentang waktu, dan lama penggunaan.

Ketiga
Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas tidak digunakan secara terus menerus. Jika sakit berlanjut dapat menghubungi dokter.

Keempat
Hentikan penggunaan obat-obatan jika timbul efek yang tidak diinginkan.

Kelima
Tidak menggunakan obat orang lain.

Keenam
Tanyakan pada Apoteker untuk mendapatkan informasi menggunakan obat yang lebih lengkap.

Dari kelima hal di atas, saya mengupas lebih dalam pada point kedua. Pada point kedua adalah gunakan obat sesuai dosis, tentang waktu, dan lama penggunaan.

Dosis (takaran) suatu obat adalah banyaknya suatu obat yang dapat dipergunakan atau diberikan kepada seorang penderita baik untuk dipakai sebagai obat dalam maupun obat luar. Ketentuan Umum Farmasi Indonesia (FI) edisi III mencantumkan 2 dosis yakni :

Dosis Maksimal (maximum)
berlaku untuk pemakaian sekali dan sehari. Penyerahan obat dengan dosis melebihi dosis maksimum dapat dilakukan dengan membubuhi tanda seru dan paraf dokter penulisan resep, diberi garis dibawah nama obat tersebut atau banyaknya obat hendaknya ditulis dengan huruf lengkap.

Dosis Lazim (Usual Doses)
merupakan petunjuk yang tidak mengikat tetapi digunakan sebagai pedoman umum (dosis yang biasa / umum digunakan).

Mewakili Bobe, di acara Gema Cermat, demi edukasi soal obat yang benar bersama para tim kesehatan

Macam – Macam Dosis

Ditinjau dari dosis (takaran) yang dipakai, maka dapat dibagi sebagai berikut :

Dosis terapi/Dosis medicinalis
Adalah dosis (takaran) yang diberikan dalam keadaan biasa dan dapat menyembuhkan si sakit.

Dosis maksimum
Adalah dosis (takaran) yang terbesar yang dapat diberikan kepada orang dewasa untuk pemakaian sekali dan sehari tanpa membahayakan.

Dosis toxica
Adalah dosis yang menyebabkan keracunan, tidak membawa kematian.

L.D.50
Adalah dosis (takaran) yang menyebabkan kematian pada 50% hewan percobaan.

L.D.100
Adalah dosis (takaran) yang menyebabkan kematian pada 100% hewan perconaan.

Dosis inisiasi/Dosis awal
Adalah dosis ( takaran ) yang diberikan pada awal suatu terapi sampai tercapai kadar kerja yang diinginkan secaraterapeutik.

Dosis pemeliharaan
Adalah dosis ( takaran ) yang harus diberikan selanjutnya setelah tercapaikejenuhan untuk memelihara kerja sertakonsentrasi jaringanyang sudah berusia lanjut , makapemberian dosis lebih kecil dari dosis dewasa.

Daftar dosis maksimal menurut FI digunakan untuk orang dewasa berumur 20 - 60 tahun, dengan berat badan 58 – 60 kg. Untuk orang yang sudah berusia lanjut dan pertumbuhan fisiknya sudah mulai menurun, maka pemberian dosis lebih kecil dari pada dosis dewasa.

Setelah kita mengetahui apa itu dosis obat selanjutnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pernahkah anda bertanya dengan dokter atau apoteker apa pengertian dari 3 x 1 atau 2 x 1 pada bungkus obat yang kita terima? Biasanya kita akan diberitahu jika dosis 3 x 1 maka obat tersebut dimakan sebanyak 3 kali dalam satu hari yakni pada pagi hari, siang hari dan sore hari atau malam hari. Sedangkan jika tertulis 2 x 1 maka obat tersebut dimakan sebanyak 2 kali dalam satu hari yakni pada pagi hari dan sore atau malam hari.

Apakah tindakan itu sudah benar?
Sekarang mari kita simak penjelasan berikut ini.

Obat kerap kali diberikan dalam beberapa jenis aturan pakai, misal 3 x 1 atau 2 x 1. Aturan ini diartikan sebagai diminum 3 kali dalam sehari untuk 3 x 1, atau dua kali dalam sehari untuk 2 x 1.

Pemaknaan aturan tersebut ternyata kurang tepat. Seolah mengindikasikan obat boleh diberikan kapan saja asal tiga kali dalam sehari.

"Aturan pakai 3 x 1 artinya obat diminum tiap 8 jam, sama seperti konsumsi obat tiap 12 jam untuk aturan pakai 2 x 1," kata Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Anis Karuniawati.

Bersama para narsum Gema Cermat dan Ketua Blogger Bengkulu, Milda Ini
Penjelasan di atas senada dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Erie Gusnellyanti, S.Si., Apr., MKM dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Direktorat Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam seminar Pertemuan Sosialisasi, Evaluasi Pelaksanaan GEMA CERMAT dan Optimalisasi AoC dalam Rangka Mendukung GERMAS di Kab/Kota Provinsi Bengkulu 25 Juni 2019 yang lalu dihadapan 150 peserta AoC dan Kader Masyarakat bertempat di Rafles City Hotel Bengkulu.

Nah jadi jika kita mendapatkan obat dan pada kemasan tertulis 3 x 1 itu artinya obat tersebut harus diminum setiap 8 jam sekali. Atau jika tertulis 2 x 1 maka harus diminum setiap 12 jam sekali. Mengapa harus demikian? karena jika setiap 8 jam sekali obat diminum secara teratur maka obat yang bekerja dalam tubuh berjalan sesuai aturan pemakaian dan tubuh selalu dalam pengaruh obat yang benar.

Contoh Kongkrit
Anak saya M.Abdullah yang menyandang Thalasemia diwajibkan kknsumsi obat kelasi besi untuk meluruhkan besi yang tercampur di dalam sela darah merah setiap kali tranfusi berkala yakni per tiga pekan sekali. Dosis yang diberikan saat ini adalah 2 x 1 tablet Ferifrok. Maka M.Abdullah diberika obat 2 kali setiap 12 jam. Kapan waktu pemberinya? Setiap pagi pukul 07.00 wib dan setiap malam pukul 19.00 wib. Maka tablet Ferifrok tersebut akan bekerja sempurna di dalam tubuh M.Abdullah secara sesuai dengan dosi yang diberikan.

Tulisan Sobat Bobe, Efri Deplin 
FB: Efri Deplin,
Ig: Efri Deplin
Tweet: efrideplin87
WA: 0895326418115

Sumber:
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-dosis-obat/14747

https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4226709/aturan-minum-obat-3-x-1-apa-artinya-sering-salah-ini-maksud-sebenarnya