Minggu, 21 Oktober 2018

Cari Tahu Jenis Job untuk Blogger yuk!

 
Halo sobat Bobe!

Seperti yang kita ketahui, Blogger Bengkulu hari ke hari selalu eksis dan memiliki banyak sekali kegiatan mulai dari offline sampai ke online. Offline biasanya diadakan sebulan sekali, bahkan bisa nyampe 2-3 kali. Nah kalo yang online nih bisa hampir seminggu sekali. Apalagi sekarang sedang rutin diadakan Kelas Blog Asik setiap Jumat malam.

Kelas Blog Asik bisa di peruntukkan oleh siapapun yang ingin belajar tentang blog. Tapi tetep, khusus yang ada di Bengkulu dong ya! Heheh. Nah sampai sekarang sudah minggu ke-enam nih Kelas Blog Asik di selenggarakan.

Di #kelasblogasik3 kemarin Jumat, 28 September, kebetulan moderatornya saya Alfha Sari sudah mengupas tuntas mengenai “Job Blogger”. Suasana dan antusias anggota yang udah gabung di grup semakin memuncak, apalagi di temanin sama pembicara utamanya Mbak Mira Kaizen, pemenang Mamah Papah Bobe nih.
Bicara mengenai job, sudah pasti selalu membuat diri semakin semangat ya kan. Terlebih lagi bagi para blogger nih, kalau urusannya udah job paling semangat, heheh. Job adalah hal yang menarik untuk di bahas, dan memang penting ya bagi blogger. Terutama blogger yang sudah lama banget berkecimpung di dunia ini, sudah pastinya tahu dan sudah mencicipi hasil jerih payahnya ya kan.

Meskipun penghasilan yang di dapatkan bukanlah tujuan utama dari kita ngeblog nih sobat, tetapi kita juga berhak untuk mendapatkan bonus dari apa yang sudah menjadi hobi kita.

Hobi yang dibayar! Yah Blogger!

Pemilik blog www.amiraja.com ini menyampaikan mengenai jenis tawaran atau job yang bisa di dapatkan bagi seorang blogger. Kalo mbak Mira bilang “pekerjaannya para blogger”, ini adalah sebutan untuk blogger yang mendapatkan job dari agency. Setelahnya agency akan memberikan imbalan kepada blogger berupa uang/produk/voucher dan yang lainnya. Jadi tidak hanya melulu soal uang ya sobat, produk dari brand tertentu yang meminta blogger untuk mereview saja kita sudah senang, heheh.


Baca Juga: Kebutuhan Seorang Blogger

Nah ini jenis-jenis penawaran job menurut pengalaman mbak Mira dan mungkin juga pernah didapatkan oleh blogger pada umumnya.

1. Review

Jenis penawaran job review mengenai suatu produk ataupun yang lainnya sangat banyak nih. Intinya adalah kita dituntut untuk menceritakan detail produk/jasa yang ditawarkan oleh agency secara positif ya dengan bahasa dan penulisan kita sendiri. Biasanya agency akan mengirimkan suatu produk ataupun kita sendiri yang membeli produk untuk kita review, nanti kita dapat imbalannya deh.

2. Content Placement

Berbeda dengan review yang kita tulis sendiri, content placement yaitu tulisan sudah disiapkan oleh pihak agency. Jadi kita tinggal post aja tuh sobat, gak perlu mikir-mikir lagi. Mudah kan ya? Iya dong.

3. Lomba Berbayar

Job yang satu ini bentuknya lomba nih sobat. Biasanya lombanya boleh untuk umum, namun ada beberapa blogger yang diminta untuk mengikuti lomba tersebut dan diberikan imbalan khusus. Blogger juga berkesempatan untuk menang dalam lomba tersebut. Wak keren gak tuh?

Baca juga: Kamera untuk Blogger & Vlogger

Nah sistem pembayaran yang diterima oleh blogger dalam pekerjaannya ini ada berbagai macam nih sobat, tergantung dari agency dan kesepakatan kita. Ada yang setelah posting langsung dibayar, ada juga dalam waktu 7 hari kerja, satu bulan, ataupun status menunggu lainnya, heheh.

Yang penting mah blogger harus terlihat profesional dengan mengerjakan sesuai dengan deadline dan tidak telat. Baik blogger maupun mahasiswa sepertinya memang sudah akrab dengan yang namanya deadline. Deadline tulisan pesanan klien atau agency harus diselesaikan tepat waktu, kalo gak tepat waktu yah kita sendiri yang gak dapet pembayaran, hihihhh.

3 komentar

22 Oktober 2018 00.17 Delete comments

Next time, bagi tips juga dong kak gimana caranya biar bisa dapat job.

Reply
avatar
7 November 2018 03.13 Delete comments

Nice sharing mba, kalo saya lomba berbayar baru sekarang ini ngikutin...

Reply
avatar
8 November 2018 22.23 Delete comments

blog aku seringnya dapet konten placement, mulai khawatir kalau keseringan

Reply
avatar

Silahkan komentar tanpa menyinggung pihak manapun
EmoticonEmoticon