4 Basic Skincare yang Wajib Kamu Aplikasikan untuk Mendapatkan Kulit Wajah yang Bersih dan Sehat

Advertisement

4 Basic Skincare yang Wajib Kamu Aplikasikan untuk Mendapatkan Kulit Wajah yang Bersih dan Sehat

Kamis, 30 Januari 2020

Punya kulit wajah yang bersih dan sehat tentu idaman semua orang. Baik wanita maupun pria. Apalagi saat ini semakin banyak muka kinclong dedek-dedek unyu atau emak-emak milenial bertebaran di muka bumi.

Sebenarnya tak perlu menggunakan skincare mahal ala Korea yang sedang hitz, pakai merk lokal pun juga bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Toh, kinclong belum tentu sehat kan? Apalagi kalau nekat pakai krim pemutih bermerkuri. Hiii... Bisa-bisa nanti malah makin parah.



Nah, langkah basic skincare ini bisa dicoba sendiri loh di rumah tanpa perlu berlama-lama ngantri di klinik kecantikan

1. Double Cleansing
Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih, perlu banget melakukan double cleansing alias membersihkan muka dengan  dua tahap pada malam hari atau seusai beraktivitas.

Kamu  bisa gunakan milk cleanser (susu pembersih), oil cleanser atau krim pembersih sejenisnya untuk langkah awal.

Setelah itu lanjutkan dengan facial wash (sabun muka) bilas dengan air  hangat/dingin, sesuaikan dengan petunjuk penggunaan pada kemasan.

Sedangkan pada pagi hari cukup gunakan facial wash lalu lanjut tahap berikutnya.

2. Face Toner
Langkah selanjutnya setelah double cleansing, kamu bisa gunakan toner wajah sesuai jenis kulit. Sebaiknya pilihlah toner wajah yang fungsinya melembabkan (hydrating toner) bukan yang mengikis lapisan kulit (exfoliating toner). Sebab, kulit yang terhidrasi dengan baik adalah kulit yang sehat.

Jika ingin menggunakan exfoliating toner untuk membuang sel kulit mati, cukup gunakan dua sampai tiga kali saja seminggu.

3. Moisturizer
Setelah kulit bersih,  pelembab wajah adalah kunci untuk mendapatkan kulit sehat. Gunakan pada pagi dan malam hari. Jadi, pastikan moisturizer yang kamu pakai tidak ada SPF-nya ya agar bisa digunakan juga di malam hari

4. Sunblock
Mau muka cerah ceria? Jangan lupa aplikasikan sunblock dengan minimal SPF 30 setiap hari di pagi hari. Untuk hasil maksimal, bisa digunakan ulang per-dua jam. Sekalipun hanya di dalam rumah sebab sinar matahari itu ternyata efeknya buruk untuk kulit kita. Tentu tidak mau kan kalau kulit wajah yang kita miliki terlihat beberapa tahun lebih tua dibandingkan usia kita sebenarnya? Makanya, penting banget mengaplikasikan sunblock di siang hari.

Empat basic skincare di atas jika rutin kamu gunakan setiap hari, insyaallah akan membuat kulit wajah jadi bersih dan sehat. Agar lebih mudah mengingat langkah-langkah penggunaanya berikut ini rangkumannya. ((Kayak anak sekolah tugasnya merangkum))

Basic Skincare malam hari:
Oil cleanser - Facial Wash - Toner - Moisturizer

Basic Skincare pagi hari:
Facial wash - Toner - Moisturizer - Sunblock

Kalau sudah terbiasa dengan basic skincare, baru deh tambah step perawatan wajah lainnya seperti facial scrub, facial mask, essence, serum dan teman-temannya. Pastinya, kalau basic skincare kamu sudah benar, impian punya kulit bersih dan sehat akan jadi kenyataan.