Benteng Marlborough



Salah satu destinasi tujuan wisata yang tidak boleh ketinggalan kalau mengunjungi kota Bengkulu adalah Benteng Marlborough. Benteng besar yang berdiri kokoh ini adalah peninggalan jaman penjajahan Inggris.

Benteng Marlborough berlokasi di Jl. Benteng, Kebun Keling, Teluk Segara. Lokasi ini bisa dijangkau dari berbagai arah. Bisa dari menelusuri Pantai Panjang. Bisa juga dari daerah Pintu Batu. Atau dari arah Pantai Jakat.

Lokasi wisata benteng ini sangatlah asik. Dimana benteng berada berdekatan dengan berbagai wisata lain, yaitu Pantai Tapak Paderi, Pantai Jakat, Pondok Sandal Jodoh, Kampung Cina, dan Taman Rusa Rumah Dinas Gubernur serta View Tower.

Berada di dalam kawasan Benteng Marlborough ada banyak sekali pemandangan yang indah. Mulai dari pemandangan pantai, arsitektur bangunan, benda peninggalan sejarah, pemandangan rumah-rumah penduduk yang elok di lihat dari atas benteng, serta rerumputan hijau dan tanaman yang menyejukkan.
Pict by: Nanang Khunaifi
Favorit biasanya adalah melihat pemandangan dari atas benteng. Dengan duduk santai kita bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. Di bagian atas benteng juga merupakan tempat yang bagus untuk spot photo. Selain pemandangan, di bagian atas benteng ini juga terdapat beberapa meriam.

Untuk mengetahui sejarah dari benteng Marlborough bisa dengan melihat tulisan yang di sajikan di dalam ruangan kamar-kamar benteng. Memasuki ruangan-ruangan di benteng juga bisa membuat kita memprakirakan bagaimana aktifitas dalam benteng ini dahulunya.

Selain ruangan biasa yang terdapat di bangunan. Di benteng ini juga terdapat barak militer. Kemudian juga ada beberapa ruangan penjara yang sangat kecil. Ruangan penjara ini hanya seperti jendela yang diberi sedikit ruang untuk satu orang, kemudian diterali.


Di bagian terpisah ada bangunan yang merupakan perkantoran. Sekarang di bagian bangunan ini buatkan ruangan untuk sholat. Peralatan untuk sholat sudah lengkap disediakan. Tempat wudhu dan toilet berada di dekat ruangan sholat itu.

Halaman benteng ini sangat luas. Wajar saja, keseluruhan luas benteng mencapai 44.000 meter2. Ukuran bangunan 240x170 m. Ketinggian dinding sangat bervariasi. Ketebalan dinding pun bervariasi.

Pict by: Nanang Khunaifi

Untuk pertahanan, benteng memiliki 72 meriam. Benteng juga dikelilingi dengan parit yang dalam. Pintu benteng sangat besar dan tebal. Juga pintu memiliki kontur bentuk duri. Jembatan menuju pintu pun dibuat dengan sistem bisa diangkat.

Pict by: Nanang Khunaifi

SHARE THIS

Author:

20 komentar:

  1. Wow saya pikir dimana, ternyata Bengkulu ya. Kapan bisa ke sana ya

    BalasHapus
  2. Wah harga tiket masuk berapa tuh kak? Indah ya ada bukit-bukitnya juga gitu selain bisa wisata sejarah. Terus bisa ibadah juga jadi nggak perlu khawatir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga tiket masuk 5000 saja

      Hapus
  3. Paling seneng ada wisata sejarah kyk benteng Maslborough ini. Moga2 awet terus ya aamiin, sampai besok2 bisa juga dilihat anak cucu kita, supaya bangsa ini gak lupa sama sejarah TFS

    BalasHapus
  4. Dah lama banget tak ke sini rasanya. Jadi rindu dengan benteng Marlborough. Nanti kalau ke sana lagi insyaallah sudah bawa anak, aamiin

    BalasHapus
  5. Pas baca judulnya kirain berhubungan sama rokok. Ex pabrik gitu misalnya. Ternyata benteng pertahanan. Hehe

    Semoga kapan2 bisa maen ke bengkulu. Tahun lalu ga jadi ke sana. Huhu

    BalasHapus
  6. Sampai ada benteng memiliki 72 meriam di Benteng Marlborough, bisa menikmati wisata sejarah dengan pemandangan yang bagus. Semoga saja suatu saat mendapatkan kesempatan datang ke Bengkulu!

    BalasHapus
  7. Bagus yah. Keliatan terawat. Hampir mirip juga sama benteng rotterdam di makasar. Benteng2 jaman belanda memang bagus dan kokoh, jadi peninggalan sejarah yg berkesan

    BalasHapus
  8. bagus juga inii bentengnya.. Kalau sekilas mirip benteng Fort Rotterdam yg ada di Makassar tapi sepertinya Marlborough lebih banyak ruangannya. Harga tiket masuk berapa ya mba? Apakah jauh dari Bandar Udara ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiket masuk 5000 mas. Sekitar 40 menit dari bandara.

      Hapus
  9. benteng yg masih kokoh ya
    semoga terus terjaga dan terusik tangan tangan jahil itu temboknya
    pengin ke sana suatu saat nti

    BalasHapus
  10. MashaAllah,
    Pemandangannya bak lukisan yaa...

    Indahnyaa...

    Tapi melihat benteng begini, agak takut sekaligus sedih hati ini.
    Betapa rakyat Indonesia jaman dahulu menjadi jajahan bangsa asing untuk direbut dan diperas segala-galanya.

    BalasHapus
  11. View nya bagus banget ....ini bisa dibilang wisata sejarah dialami terbuka..., Pemandangan bukit2nya itu bikin mau di foto terus he2

    BalasHapus
  12. Dulu pernah kesini 2010. Sekarang udah jauh lebih rapi dan tertata rapi sepertinya. Semoga dapat terus dijaga nih ama pengelola dan pengunjung. Biar jadi aset

    BalasHapus
  13. Paling seru kalau wisata ke tempat sejarah kaya gitu. Sambil belajar sambil menghargai org2 dulu. Selfie dan poto2 itu bonus

    BalasHapus
  14. Kennapa namanya marbolorough mbak? Apa ada hubungannya dengan malboro?

    BalasHapus
  15. Aku penasaran melihat tampak depan bentengnya Mas. Sepertinya bagus banget ya. Utungnya masih terjaga...

    BalasHapus
  16. Terlihat kokoh sekali ya bangunannya. Namanya juga benteng yah, hehe. Itu pas di atas pasti betah banget ya, soalnya bisa menikmati semilir angin plus liat pemandangan pantai yang indah. Hemm... :)

    BalasHapus
  17. Melihat bentuk bangunannya, mirip dengan benteng yang ada di Jogjakarta, namanya Benteng Van De Berg kalau gak salah.
    Bangunan peninggalan penjajah, kelihatannya kokok dan kuat ya.Masih awet sampai sekarang.

    BalasHapus
  18. Duh namanya susah bgt ini Benteng, jujur aku gk bisa nyebutinnya.. Maaff hhii
    Dari foto2 ny pasti ini bangunan yang kokoh dan Bagus pada masanya. peninggaln penjajah yg bisa jdi pengingat kita akan perjuangan para pahlawan.

    BalasHapus

Silahkan komentar tanpa menyinggung pihak manapun