Blogger Bengkulu Dukung Optimasi Pembinaan UMKM

Advertisement

Blogger Bengkulu Dukung Optimasi Pembinaan UMKM

Ria Fasha
Selasa, 15 Oktober 2019

Assalammualaikum sobat BoBe


Senin lalu, perwakilan Blogger Bengkulu menghadiri kegiatan Seminar Nasional Srategi Manajemen Bisnis UMKM Bangkit dan Berdaya, Magister Manajemen Universitas Bengkulu (MM UNIB), di Ruang Pola Provinsi Bengkulu, Senin (14/10). Seminar ini dihadiri oleh sekitar 250 peserta yanh 80 persen nya adalah pelaku UKM dan 20 persen mahasiswa. 

Seminar diawali dengan penampilan dol Bengkulu dan dilanjutkan dengan sambutan dari Asisten II Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Bengkulu Yuliswani. 


Beliau mengatakan Pemprov Bengkulu terus  berupaya untuk mengoptimalkan pembinaan UMKM sebagai pondasi perekonomian. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jelas telah teruji untuk bisa menjadi pondasi perekonomian di Indonesia. Hal ini lantaran pada tahun 1997-1998 saat perekonomian dunia terguncang, UMKM tetap bias berdiri dan membantu pergerakan perekonomian di Indonesia.  

Berkat itulah lanjut Yuliswani, maka pemerintah Indonesia sudah membuat undang-undang tentang UMKM ini. Kedepan diharapkan UMKM Indonesia khususnya di Provinsi Bengkulu bisa terus bersaing ditengah kemajuan zaman dan teknologi. 

Tentu kita berharap bahwa UMKM bisa terus maju ditengah 2 permasalahan klasik, yaitu terkait modal dan pemasaran. Terhadap peran penting UMKM inilah, Pemprov Bengkulu akan terus berupaya meningkatkan pembinaan dan dukungan bersama instansi teknis terkait lainnya.


Menurut Ketua pelaksana Seminar Nasional Srategi Manajemen Bisnis UMKM Bangkit dan Berdaya Magister Manajemen UNIB Dwi Oktarini, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM Bengkulu selalu memiliki daya juang dan daya saing yang tinggi, sehingga tidak cepat menyerah menghadapi realitas bisnis yang ada dan kita sebagai pelaku UMKM selalu memiliki sikap dan berfikir positif.

Terlebih lanjut menurut Dwi, Pemerintah Provinsi Bengkulu sejak beberapa tahun terakhir terus mengoptimalkan dan fokus terhadap pembinaan UMKM.

“Jadi jika sikap dan prilaku positif selalu kita utamakan dan terus didukung Pemprov Bengkulu, maka tidak menutup kemungkinan pelaku UMKM akan segera naik kelas dari usaha kecil menjadi usaha menengah dan bahkan menjadi usaha besar,” jelasnya.

Seminar ini juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Septi Yuslina dan Ketua IWAPI Bengkulu Trisna Anggraini. 


Kegiatan seminar ini didukung oleh banyak pihak, salah satu sponsornya adalah Amanie Salon Muslimah.


Dalam kesempatan itu juga, Amanie melakukan launching aplikasi nya yang bisa memudahkan pelanggan untuk melakukan pengecekan produk, harga, promo terbaru, pembayaran hingga pendaftaran member.

Panel Diskusi dan Motivasi

Setelah acara pembukaan, kegiatan seminar dilanjutkan dengan membuka panel diskusi serta motovasi yang diisi oleh Herfiyano, perewilan mahasiswa Magister Manajemen UNIB, Prof .Lizar dan Coach Ahmad Yani dan Coach Fahmi.


Dalam kesempatan itu peserta diberi motivasi dan dibuka pemikirannya tentang peluang bisnis yang besar di Bengkulu.