Cara Mudah Mengobati Tanaman Hias yang Sakit

Advertisement

Cara Mudah Mengobati Tanaman Hias yang Sakit

Peri Hardiansyah
Senin, 14 Oktober 2019


Memperhatikan kesehatan tubuh memang diperlukan agar sehari-hari kita tetap fit dan siap tempur menghadapi pekerjaan. Tapi tahu gak sih tanaman hias yang kamu miliki itu juga perlu diperhatikan lho. Tanaman hias juga bisa terkena stress oleh beberapa faktor mulai dari cuaca hingga hama.

Stres atau gangguan kesehatan yang dialami tanaman hias kamu biasanya mulai terlihat saat warna daunnya perlahan berubah ke kuning. Perubahan pada warna ini menandakan bahwa tanamanhttps://www.lifebrown.com/2019/10/manfaat-manfaat-pasak-bumi-untuk-gairah.html hias kamu tersebut mulai layu dan tidak mampu lagi beradaptasi dengan lingkungan di mana ia tumbuh. 

Untuk memastikan sumber stress dari tanaman hias itu darimana berikut langkah pengobatannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

Cek Tingkat Kelembapan Tanaman Hias Kamu

Saat daun dari tanaman mulai kuning, langkah awal yang dilakukan untuk mendiagnosa penyebabnya adalah mengetahui tingkat kelembapan tanaman tersebut. Pada umumnya kondisi seperti ini terjadi saat tanaman kekurangan atau kelebihan air. Untuk mengecek seberapa lembab kondisinya, ambil sampel tanah tanaman tersebut sedalam 2,5 - 3 cm. Pointnya jangan mengambil sampel tanah yang dekat dengan permukaan, karena tanah di bagian ini cenderung mudah mengering.

Jika sampel tanah yang kamu ambil terasa kering, maka dipastikan bahwa tanaman tersebut berada dalam kondisi dehidrasi. Segera siram dengan air secukupnya sampai tingkat kelembapannya kembali normal. Sedangkan, apabila tanah terasa basah, maka dapat dipastikan tanaman hiasmu berada dalam tingkat kelembapan yang terlalu tinggi sehingga perlu segera dipindahkan pada medium tanam yang lebih kering.

Cek Apakah Ada Hama?

Faktor - faktor lain yang menyebabkan daun tanaman hias menguning adalah kehadiran hama yang berupa serangga yang kasat mata dan kutu laba-laba. Indikasi tanaman yang terserang hama adalah terdapat lubang pada daunnya ataupun adanya selaput putih yang menyelubungi bagian tertentu.

Untuk mengatasinya kamu perlu membersihkan bagian tanaman yang terinfeksi oleh hama, lalu semprotkan obat pembasmi hama di bagian tersebut. Jika tanaman hiasmu sensitif terhadap bahan kimia, kamu bisa menggunakan pestisida organik seperti minyak mimba (neem oil).

Pindahkan Tanaman Hias ke Bawah Sinar Matahari

Selain beberapa faktor di atas, kurangnya sinar matahari juga bisa menjadi penyebab tanaman hiasmu layu lho. Hal ini biasanya terjadi pada tanaman hias yang disimpan di dalam ruangan sementara nggak banyak celah untuk cahaya matahari masuk.

Jika tanaman tersebut ditempatkan di pojok ruangan yang nggak terkena cahaya matahari, sebaiknya segera pindahkan ke tempat yang mendapatkan cahaya matahari secara permanen seperti dekat jendela rumah. Namun, perlu diingat bahwa kondisi tanaman biasanya nggak langsung membaik dengan cepat lho. Beberapa tanaman memerlukan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang baru.

Jaga Tanaman Hias dari Suhu Ruangan yang Terlalu Dingin

Sebagian besar dari tanaman hias merupakan tanaman daerah tropis. Mereka bersanding dengan sinar matahari, tapi tidak dengan udara dingin. Nggak hanya dinginnya suhu luar saja yang menyebabkan daun tanaman hias menguning dan layu, suhu ruangan yang terlalu dingin juga bisa membuat tanaman kedinginan.

Kamu perlu mengatur suhu pendingin ruangan atau AC ke suhu ruangan standar dan ingat nggak perlu terlalu sering menyiram tanaman hias tersebut. Suhu yang dingin membuatnya sulit menguapkan air sehingga kondisi tanah bisa terlalu lembap apabila terlalu sering disiram.

Beri nutrisi yang Cukup

Perawatan yang baik dan rutin nggak selalu menjamin kesehatan tanaman hias kamu. Biar bagaimanapun, proses fotosintesis nggak bisa berlangsung dengan efektif apabila tanaman kekurangan nutrisi dari dalam tanah.

Tanaman yang kekurangan nutrisi yang cukup ditandai dengan perubahan warna daun yang semula gelap kemudian berubah menjadi lebih cerah. Penambahan pupuk yang cukup dianjurkan untuk memperbaiki unsur hara dalam tanah tersebut.