Kreasi Botol Bekas Menjadi Bernilai di Kampung Botol Rafflesia Rawa Indah

Advertisement

Kreasi Botol Bekas Menjadi Bernilai di Kampung Botol Rafflesia Rawa Indah

Ria Fasha
Selasa, 10 Desember 2019

Assalammualaikum sobat Bobe!

Setelah berkunjung ke kampung SMS, selanjutnya Wakil Wali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi melaunching Kampung Tematik Botol Rafflesia Rawa Indah di Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka.



Kami pun takjub melihat lukisan cantik di dinding-dinding masuk Kelurahan Jalan Gedang. Lebih wow lagi saat melihat Kampung Botol yang merupakan kerjasama Bapelitbang Kota Bengkulu, Kampus Sapta Bakti dan masyarakat sekitar.



Wawali Kota Bengkulu Dedy Wahyudi menyampaikan sambutan dan apresiasinya kepada masyarakat Jalan Gedang yang telah bekerja sama membangun kawasan yang awalnya kumuh menjadi cantik, kreatif dan bernilai jual tinggi. Semua tak menyangka jika botol bekas yang terlihat tak berharga ternyata bisa disulap menjadi aneka kerajinan seperti lampion, tempat sampah hingga set meja kursi.


Kampung Botol Rafflesia Rawa Indah awalnya dilatar belakangi banyaknya masyarakat yang mencari botol bekas sebagai mata pencaharian. Kini botol bekas itu menjadi sangat berharga karena di tangan masyarakat yang kreatif bisa dijual untuk menambah pemasukan masyarakat.



Pak Dedy Wahyudi menyempatkan melihat hasil kreasi masyarakat. Ada satu set meja dan kursi yang ternyata dibuat dari botol bekas. Cantik sekali, seperti sofa mahal yang sering ada di toko furniture. Satu set meja kursi di jual dengan harga 1,5 juta. Banyak sekali peminatnya.



Ada juga lampion yang dibuat dari gelas plastik bekas. Bentuknya yang unik dan cantik membuat lampion ini diminati berbagai usaha wisata. Bahkan ada yang sudah order 100 lampu lampion yang satuan nya dibandrol dengan harga 100 ribu.


Kreatifitas Kampung Botol juga dapat terlihat dari Pojok Baca dan Pojok Sehat yang dinding dan hiasannya terbuat dari botol bekas. Ada pula taman yang dihias menyerupai bunga dan pot yang juga dari botol bekas.




Yuk berkunjung ke kampong botol untuk melihat kreatifitas masyarakat. Kalian juga bisa mendapatkan foto cantik sebagai kenang-kenangan.



FYI, masih ada Kampung Tematik yang akan launching di hari Kamis dan Jumat yaitu Kampung Mural Budayo Kito Kelurahan Kebun Roos, Kampung Taman Kota Tuo Kelurahan Pasar Bengkulu, Kampung Wirausaha Kelurahan Padang Nangka, Kampung Galaxy Kelurahan Sukarami, Kampung Rosella Berseri Kelurahan Sumber Jaya.