TIPS BIJAK BERMEDIA SOSIAL

Advertisement

TIPS BIJAK BERMEDIA SOSIAL

Jumat, 10 Januari 2020

islami.co

 Media sosial saat ini seolah menjadi salah satu ruang baru dalam menyampaikan berbagai aspirasi, pendapat dan berbagai ungkapan lainnya. Disadari maupun tidak, ungkapan-ungkapan dan informasi yang dibuat oleh netizen tersebut banyak yang memberikan hal positif. Namun tidak sedikit pula yang bersifat negatif, seperti halnya hoax, fake news serta hate speech. Tidak jarang ungkapan dan informasi tersebut justru menjadi pemicu keretakan, permusuhan, yang menyebabkan disintegrasi bangsa. Bahkan komentar negatif dapat menjadi pemicu tindakan bunuh diri yang dapat dilakukan oleh seseorang, loh. Kasusnya sudah sangat banyak terjadi.   Oleh karena itu, perlu kiranya agar kita dapat menggunakan media sosial yang telah dimiliki dengan sebaik mungkin. Sehingga tidak merugikan orang lain. Ingat peribahasa, karena nila setitik, rusak susu sebelanga. Karena komentar negative, rusak semua aspek kehidupan anak bangsa. Nah, berikut adalah tips BIJAK  yang dapat dilakukan ketika kita menggunakan media sosial :

kipkaltim.com
Berprinsiplah untuk menyebarkan informasi yang bersifat positif dengan melakukan analisa dan crosscheck ulang informasi sebelum menyerbarluaskan ke media sosial yang dimiliki. Jangan mudah meneruskan berita yang kita sendiri ragu akan kebenarannya. Jangan menyebarkan berita yang bermuatan SARA yang bernada provokasi.

Ingat ! informasi yang sudah dibagikan oleh kita menjadi jejak abadi dan akan terekam di internet. Sehingga perlu berhati-hati dan berpikir ulang dalam menyebarkan konten. Apalagi ketika informasi tersebut bersifat negatif yang justru dapat memicu perselisihan, bermusuhan.

Jangan sembarangan menyebarkan informasi pribadi kepada sembarangan orang. Hal ini penting, banyak kasus kriminal yang sudah terjadi akibat menyalahgunakan informasi pribadi yang diunggah ke media sosial.

Akseslah informasi dan berita yang dapat menjadi sarana membentuk pribadi yang baik serta menjadi upaya dalam memberikan nilai positif di situs yang terpercaya dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kita justru dapat menggunakan media sosial sebagai sarana untuk mengembangkan diri dan membentuk citra dari diri sendiri atau istilahnya personal branding. Tidak sedikit loh orang yang menggunakan media sosial untuk personal branding mereka. Hal ini justru dapat memberikan penghasilan, respek positif. Bukankah justru akan banyak kebaikan yang mengalir bagi kita bila mampu bermanfaat dan  menjadi inspirasi bagi orang lain melalui media sosial yang kita miliki.

Nah, tips tersebut dikemas dengan singkatan BIJAK. Oleh karena itu, sebagai anak bangsa, sudah seharusnya kita mulai bijak bermedia sosial sejak saat ini. Demi menjaga diri, lingkungan dan bangsa Indonesia tercinta. Bagaimana, apakah siap?!