Latest News

Wisata Bengkulu
travelling

bengkulu

Pemkot Bengkulu

Lomba

Nulis Serempak

Recent Posts

Jumat, 05 Juli 2019

Batik Air Datangkan Pesawat Baru Airbus 320-200CEO ke-44

TANGERANG – 04 Juli 2019. Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group memberikan informasi terbaru dengan mendatangkan satu pesawat baru tipe Airbus 320-200CEO (A320) registrasi PK-LZL yang langsung diterbangkan dari pabrikan Airbus di Hamburg, Jerman. Armada ini, merupakan pesawat ke-44 dari total pesanan keluarga A320 yaitu 234 unit.

Pesawat PK-LZL melengkapi kekuatan yang saat ini dioperasikan Batik Air, terdiri 43 Airbus 320-200CEO (12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi), delapan Boeing 737-800NG (12 kelas bisnis dan 150 kelas ekonomi) serta enam Boeing 737-900ER (12 kelas bisnis dan 168 kelas ekonomi) yang dilengkapi fasilitas hiburan di dalam kabin (in-flight entertainment) atau video dalam layar (audio video on demand) sentuh di setiap kursi.

Untuk proses pengiriman pesawat, Batik Air bernomor penerbangan BTK-001 menempuh perjalanan udara dan transit berkisar 18 jam 30 menit. Batik Air PK-LZL memiliki tujuan Abu Dhabi yang lepas landas dari Bandar Udara Internasional Finkenwerder di Hamburg barat daya, Jerman (XFW) pukul 18.00 waktu setempat (Currently Central European Summer Time/ CEST, GMT+2). Penerbangan BTK-001 mendarat di Bandar Udara Internasional Al Bateen, Abu Dhabi, United Arab Emirates (AZI) pada 02.30 waktu setempat (Gulf Standard Time/ GST, GMT+4).


Rute berikutnya (03/ 07 dari Bandar Udara Internasional Al Bateen, Batik Air melanjutkan perjalanan) pukul 03.30 waktu setempat dan sesuai jadwal kedatangan di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL) pada 14.45 waktu setempat (Malaysia Time/ MYT, GMT+8). Kemudian A320CEO PK-LZL mengudara dari Kuala Lumpur pada 16.45 waktu setempat dan sudah tiba di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK) pukul 19.00 waktu setempat (Western Indonesia Time/ WIB, GMT+7).

Batik Air dengan bangga memperkenalkan pesawat terbaru A320-200CEO ke-44 yang sudah diterima di Indonesia dan mendarat secara mulus. Atas koordinasi, kerjasama dan dukungan dari Airbus, awak pesawat, teknisi, regulator dan pihak terkait liannya yang telah membantu memperlancar pengiriman pesawat, kami atas nama Batik Air mengucapkan terima kasih. Setelah menjalani pengecekan, pesawat PK-LZL siap dioperasikan dan bertujuan agar operasional penerbangan berada pada level terbaik.

Batik Air memiliki kesungguhan untuk terus mengembangkan konsep layanan penerbangan premium. Airbus 320 Batik Air mempunyai konfigurasi lorong tunggal (single aisle) dan bertata letak dua kelas yaitu ekonomi (3-3) dan bisnis (2-2). Pesawat ini telah dibekali teknologi modern dan fitur-fitur yang memberikan kenyamanan setiap tamu ketika berada di kabin.

Pesawat A320 memiliki kabin tujuh inci lebih lebar dikelasnya dengan kursi selebar 18 inci atau lorong yang lebih luas untuk memudahkan pergerakan. Kompartemen penyimpanan barang yang terletak di atas kursi menyediakan 10% volume ekstra sehingga menampung lebih banyak jumlah tas hingga 60%.

Pengoperasian pesawat baru diharapkan meningkatkan mutu pelayanan dan pengalaman para tamu ketika in-flight di kelas premium services airlines. Serta menambah tingkat kepercayaan dan loyalitas dari para tamu kepada Batik Air.  Selain itu, guna memperkuat Batik Air di jaringan domestik dan internasional dengan fokus mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan (safety first) serta kenyamanan.

Hingga kini Batik Air melayani lebih dari 45 destinasi domestik dan internasional ke Singapura; Chennai, India; Perth, Australia serta Guilin dan Kunming di Tiongkok, frekuensi penerbangan mencapai lebih dari 350 perhari.

Berdasarkan perencanaan A320 PK-LZL akan difungsikan untuk memperkuat kapasitas membawa tamu, layanan jaringan yang sudah ada serta akan digunakan dalam ekspansi usaha  salah satunya pembukaan rute atau penambahan frekuensi terbang.

Pesawat baru semakin memberikan optimis terhadap tingkat ketepatan waktu penerbangan (on time performance/ OTP) per hari. Saat ini, Batik Air mencatatkan rata-rata OTP 92.63%.

Batik Air senantiasa berupaya mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan asing dan nusantara yang ditandai dengan menambahkan pesawat serta rute baru. Upaya ini akan memberikan nilai tambah bagi wisatawan antara lain mempersingkat waktu, efektif dan mempermudah akses antardestinasi. Para wisatawan ditawarkan kemudahan layanan jaringan penerbangan yang saling terhubung (connecting flight) Lion Air Group.

Kamis, 04 Juli 2019

Apa Itu Dosis dan Pengertian 3 x 1 Yang Benar

Assalammualaikum.Wr.Wb, sobat Blogger Bengkulu semuanya, apa kabarnya ?

Siapa diantara kita yang pernah menggunakan obat? tentu kita semua pernah menggunakan obat, bukan? 
Nah kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai bagaimana cara yang tepat berinteraksi dengan obat-obatan.

Edukasi tentang obat ini, bisa dimulai sejak usia dini

Dikutip dari buku saku cara cerdas gunakan obat buku panduan AoC GeMa CerMat halaman 23 ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 

Pertama
Sebelum menggunakan obat kita harus membaca terlebih dahulu cara penggunaan obat.

Kedua
Gunakan obat sesuai dosis, tentang waktu, dan lama penggunaan.

Ketiga
Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas tidak digunakan secara terus menerus. Jika sakit berlanjut dapat menghubungi dokter.

Keempat
Hentikan penggunaan obat-obatan jika timbul efek yang tidak diinginkan.

Kelima
Tidak menggunakan obat orang lain.

Keenam
Tanyakan pada Apoteker untuk mendapatkan informasi menggunakan obat yang lebih lengkap.

Dari kelima hal di atas, saya mengupas lebih dalam pada point kedua. Pada point kedua adalah gunakan obat sesuai dosis, tentang waktu, dan lama penggunaan.

Dosis (takaran) suatu obat adalah banyaknya suatu obat yang dapat dipergunakan atau diberikan kepada seorang penderita baik untuk dipakai sebagai obat dalam maupun obat luar. Ketentuan Umum Farmasi Indonesia (FI) edisi III mencantumkan 2 dosis yakni :

Dosis Maksimal (maximum)
berlaku untuk pemakaian sekali dan sehari. Penyerahan obat dengan dosis melebihi dosis maksimum dapat dilakukan dengan membubuhi tanda seru dan paraf dokter penulisan resep, diberi garis dibawah nama obat tersebut atau banyaknya obat hendaknya ditulis dengan huruf lengkap.

Dosis Lazim (Usual Doses)
merupakan petunjuk yang tidak mengikat tetapi digunakan sebagai pedoman umum (dosis yang biasa / umum digunakan).

Mewakili Bobe, di acara Gema Cermat, demi edukasi soal obat yang benar bersama para tim kesehatan

Macam – Macam Dosis

Ditinjau dari dosis (takaran) yang dipakai, maka dapat dibagi sebagai berikut :

Dosis terapi/Dosis medicinalis
Adalah dosis (takaran) yang diberikan dalam keadaan biasa dan dapat menyembuhkan si sakit.

Dosis maksimum
Adalah dosis (takaran) yang terbesar yang dapat diberikan kepada orang dewasa untuk pemakaian sekali dan sehari tanpa membahayakan.

Dosis toxica
Adalah dosis yang menyebabkan keracunan, tidak membawa kematian.

L.D.50
Adalah dosis (takaran) yang menyebabkan kematian pada 50% hewan percobaan.

L.D.100
Adalah dosis (takaran) yang menyebabkan kematian pada 100% hewan perconaan.

Dosis inisiasi/Dosis awal
Adalah dosis ( takaran ) yang diberikan pada awal suatu terapi sampai tercapai kadar kerja yang diinginkan secaraterapeutik.

Dosis pemeliharaan
Adalah dosis ( takaran ) yang harus diberikan selanjutnya setelah tercapaikejenuhan untuk memelihara kerja sertakonsentrasi jaringanyang sudah berusia lanjut , makapemberian dosis lebih kecil dari dosis dewasa.

Daftar dosis maksimal menurut FI digunakan untuk orang dewasa berumur 20 - 60 tahun, dengan berat badan 58 – 60 kg. Untuk orang yang sudah berusia lanjut dan pertumbuhan fisiknya sudah mulai menurun, maka pemberian dosis lebih kecil dari pada dosis dewasa.

Setelah kita mengetahui apa itu dosis obat selanjutnya mari kita simak penjelasan berikut ini.

Pernahkah anda bertanya dengan dokter atau apoteker apa pengertian dari 3 x 1 atau 2 x 1 pada bungkus obat yang kita terima? Biasanya kita akan diberitahu jika dosis 3 x 1 maka obat tersebut dimakan sebanyak 3 kali dalam satu hari yakni pada pagi hari, siang hari dan sore hari atau malam hari. Sedangkan jika tertulis 2 x 1 maka obat tersebut dimakan sebanyak 2 kali dalam satu hari yakni pada pagi hari dan sore atau malam hari.

Apakah tindakan itu sudah benar?
Sekarang mari kita simak penjelasan berikut ini.

Obat kerap kali diberikan dalam beberapa jenis aturan pakai, misal 3 x 1 atau 2 x 1. Aturan ini diartikan sebagai diminum 3 kali dalam sehari untuk 3 x 1, atau dua kali dalam sehari untuk 2 x 1.

Pemaknaan aturan tersebut ternyata kurang tepat. Seolah mengindikasikan obat boleh diberikan kapan saja asal tiga kali dalam sehari.

"Aturan pakai 3 x 1 artinya obat diminum tiap 8 jam, sama seperti konsumsi obat tiap 12 jam untuk aturan pakai 2 x 1," kata Ketua Departemen Laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Anis Karuniawati.

Bersama para narsum Gema Cermat dan Ketua Blogger Bengkulu, Milda Ini
Penjelasan di atas senada dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Erie Gusnellyanti, S.Si., Apr., MKM dari Direktorat Pelayanan Kefarmasian Direktorat Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam seminar Pertemuan Sosialisasi, Evaluasi Pelaksanaan GEMA CERMAT dan Optimalisasi AoC dalam Rangka Mendukung GERMAS di Kab/Kota Provinsi Bengkulu 25 Juni 2019 yang lalu dihadapan 150 peserta AoC dan Kader Masyarakat bertempat di Rafles City Hotel Bengkulu.

Nah jadi jika kita mendapatkan obat dan pada kemasan tertulis 3 x 1 itu artinya obat tersebut harus diminum setiap 8 jam sekali. Atau jika tertulis 2 x 1 maka harus diminum setiap 12 jam sekali. Mengapa harus demikian? karena jika setiap 8 jam sekali obat diminum secara teratur maka obat yang bekerja dalam tubuh berjalan sesuai aturan pemakaian dan tubuh selalu dalam pengaruh obat yang benar.

Contoh Kongkrit
Anak saya M.Abdullah yang menyandang Thalasemia diwajibkan kknsumsi obat kelasi besi untuk meluruhkan besi yang tercampur di dalam sela darah merah setiap kali tranfusi berkala yakni per tiga pekan sekali. Dosis yang diberikan saat ini adalah 2 x 1 tablet Ferifrok. Maka M.Abdullah diberika obat 2 kali setiap 12 jam. Kapan waktu pemberinya? Setiap pagi pukul 07.00 wib dan setiap malam pukul 19.00 wib. Maka tablet Ferifrok tersebut akan bekerja sempurna di dalam tubuh M.Abdullah secara sesuai dengan dosi yang diberikan.

Tulisan Sobat Bobe, Efri Deplin 
FB: Efri Deplin,
Ig: Efri Deplin
Tweet: efrideplin87
WA: 0895326418115

Sumber:
https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-dosis-obat/14747

https://m.detik.com/health/berita-detikhealth/d-4226709/aturan-minum-obat-3-x-1-apa-artinya-sering-salah-ini-maksud-sebenarnya

Selasa, 02 Juli 2019

Halal Bi Halal Menjadi Moment Kedekatan Anggota Blogger Bengkulu


Assalamualaikum sahabat Bobe,  apa kabarnya ni?  Semoga selalu sehat yes..  Ehem.. Sudah lama rasanya kita tidak menyapa.  Sebelumnya kita mengucapkan Taqabbalallahuminna waminkum,  taqabballyaa kariim..  Mohon maaf lahir fan bathin semuanya. 

Oya, di moment hari lebaran tentu tidak luput dari event halal bi halal ya temen-temen.. Hampir setiap instansi menyelenggarakan rutinitas tahunan ini.  Selain saling memaafkan, juga mempererat persaudaraan di antara kita.  Tak ketinggalan komunitas yang kita Cinta ini sahabat.  Komunitas Blogger Bengkulu juga mengadakan acara halal bi halal setelah sekian lama liburan panjang lebaran. 


Alhamdulillah ya, akhirnya bisa kumpul lagi bercanda gurau bersama. hehe.. 

Kali ini yang menjadi tuan rumah adalah mbak Ika Pasca. Tepatnya di perumahan vidie 1, Sawah Lebara Baru,  sebelah Gang Dehasen, Jalan sepakat nomor 12. 
Waktunya di mulai dari pukul 13.30-16.00 Wib. 

Beliau adalah dosen di Universitas Bengkulu.  Dan agendanya diadakan di rumah baru beliau yang sebentar lagi selesai. Belum ditungguin sama mbak Ika sich, cuma sudah ada yang menunggu dan merawat yaitu dari kerabat beliau sendiri sembari menunggu semua urusan rumahnya selesai dan siap ditempati.  Kita doain moga rumahnya cepat kelar dan cepat ditungguin ya mbak.. 



Acara halal bi halal bobe ini di ikuti oleh 11 anggota ni teman-teman.  Banyak juga yang nggak bisa hadir karena berhalangan.  Next moga kita pada bisa kumpul semua yaa.. Aamiin.. 

Btw, kita coba kembali mengingat sebuah hadits tentang keutamaan silaturahmi yuk temen-temen,  

"Siapa yang suka di lapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah dia menyambung silaturahmi." (HR.  Bukhari dan Muslim) 


Sampai jumpa di event selanjutnya temen-temen..  Jangan lupa nulis yaaa.. 😊

Tulisan Sobat Bobe, Nengsih Hariyanti

Senin, 24 Juni 2019

Pembinaan Komunitas Literasi bagi Pegiat Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kota Bengkulu


















Assalammualaikum Wr.Wb Hai sobat Blogger Bengkulu!


Sudah sering dengar kan tentang Gerakan Literasi Nasional (GLN)? Nah ternyata sejak  tahun 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Dilansir dari laman GLN Kemendikbud Gerakan Literasi Nasional merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia. Gerakan ini akan dilaksanakan secara menyeluruh dan serentak, mulai dari ranah keluarga sampai ke sekolah dan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Meningkatkan literasi bangsa memang bukanlah hal yang mudah, perlu sebuah gerakan nasional yang terintegrasi, tidak parsial, sendiri-sendiri, atau ditentukan oleh kelompok tertentu. Gerakan literasi tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab semua pemangku kepentingan termasuk dunia usaha, perguruan tinggi, organisasi sosial, pegiat literasi, orang tua, dan masyarakat.
Peserta dari Komunitas Blogger Bengkulu dan Forum Lingkar Pena

Salah satu upaya untuk mendukung dan menggalakkan Gerakan Literasi Nasional, Kantor Bahasa Bengkulu menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Komunitas Literasi bagi Pegiat Literasi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kota Bengkulu. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 19–21 Juni 2019 bertempat di Aula Hotel Raffles City, Pantai Panjang, Kota Bengkulu.

Kegiatan ini diikuti oleh pegiat taman bacaan masyarakat dan komunitas literasi diantaranya Blogger Bengkulu, Forum Lingkar Pena dan Komunitas Ayo Menulis Bengkulu. Kegiatan ini diharapkan bisa membekali peserta dengan ilmu mengenai literasi dan bisa diterapkan di TBM dan komunitas masing-masing.

Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang oleh Kepala Kantor Bahasa Bengkulu Bapak Karyono, S.Pd.,M.Hum. Dalam kesempatan itu juga hadir Plt Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu Asdi Warman yang sekaligus membuka acara. Selama tiga hari, kegiataan pembinaan diisi oleh 4 orang narasumber yaitu (1) Sari Gunawan, S.Kes ; (2) M.Si, Halimi Hadibrata, M.Pd ; (3) Rumasi Pasaribu, S.Pd dan Denis Kurniawan S.Pd.

Materi pertama disampaikan oleh Bapak Sari Gunawan, S.Kes., M.Si. Beliau menyampaikan motivasi dalam pembelajaran literasi serta literasi kecakapan hidup abad XXI.  Pak Gunawan menyebutkan pentingnya kemampuan literasi untuk menghadapi revolusi industry 4.0, dengan kemampuan literasi yang baik seseorang akan mendapatkan banyak manfaat baik untuk pribadinya sendiri maupun masa depannya kelak. Peserta juga diajak untuk menggalakkan literasi mulai dari diri sendiri dan keluarga, memperbanyak membaca pun menulis yang bermanfaat. Dengan kemampuan literasi, kita bisa menangkal peredaran berita negatif di internet dengan memperbanyak konten positif yang kita buat.



Materi di hari kedua diisi oleh Bapak Halimi Hadibrata, M.Pd. Beliau menjelaskan mengenai Teori dan Konsep Pendidikan Karakter dan Literasi serta Mengenal Teks Literasi Bahasa dan Sastra. Beliau memaparkan mengenai pentingnya Literasi sebagai bagian dari konsep pendidikan karakter karena tujuan literasi adalah untuk membekali individu dengan kecakapan hidup. Literasi juga jadi tools untuk pengembangan Karakter dan Kompetensi.

Tak hanya diberikan teori mengenai literasi. Peserta juga diajak untuk melakukan praktik menulis oleh pemateri selanjutnya Rumasi Pasaribu, S.Pd. Awalnya Ibu Rumasi menjelaskan tentang strategi membaca dan menulis efektif. Tips dari beliau adalah dengan membiasakan membaca diawali dengan bacaan yang menarik, dan beri catatan pada buku yang di baca. Agar ilmu tidak langsung hilang, setelah membaca kita bisa membuat ringkasan atau sinopsis yang bisa di unggah di laman media social atau blog. Bahkan menurut beliau kemampuan menulis resensi bisa menghasilkan uang jika di kirim ke media.

Kegiatan pembinaan Kegiatan Pembinaan Komunitas Literasi bagi Pegiat Literasi Taman Bacaan Masyarakat semakin seru saat Pak Denis Kurniawan, S.Pd menjelaskan bagaimana untuk menulis ulang dan menceritakan hasil bacaan serta mengonversi dan mementaskan hasil bacaan. Awalnya peserta diberikan beberapa jenis teks cerita rakyat, Pak Denis mengajak peserta untuk bercerita dengan gaya berbeda dan dipentaskan dalam grup.  Peserta begitu antusias karena kegiatan drama seperti ini nantinya bisa menjadi bagian kegiatan di Taman Bacaan Masyarakat masing-masing.


















Dengan inovasi dan materi literasi yang disampaikan diharapkan pegiat literasi di  TBM  mampu bisa menarik masyarakat untuk berkunjung ke TBM. Kedepan mendorong daya baca dimasyarakat TBM.

Videos