Latest News

Kamis, 31 Mei 2018

Puding Art Yang Lezat dengan Motif Yang Ciamik

Siapa yang suka makan puding dan agar-agar ? Siapa yang suka Nge-lukis ?

Nah loh, kira-kira, apa ya hubungannya antara suka puding dan agar-agar dengan suka melukis. Tentu saja ada, kali ini keduanya bisa dikombinasikan menjadi salah satu hidangan lezat dengan tetap mengedepankan seni yang tinggi. Kita mengenalnya dengan sebutan Agar-agar Lukis atau Puding art. Nah, apa sih puding art itu? Puding art merupakan makanan sejenis puding dan agar-agar yang dibuat dengan desain penampilan seni lukis yang indah. 
Jadi, terkadang kalau udah lihat hasil Puding Art, rasanya sayang banget kalau mau dimakan. Penulis sendiri pernah suatu ketika membeli Puding Art bermotifkan bunga, namun ketika hendak dipotong untuk dimakan, kok rasanya sayang banget mau dimakan. Tapi kalau gak dimakan lebih sayang lagi. Soalnya udah beli, hehe. Untuk membuat puding art tentu saja, kemahiran dari si pembuatnya memang dibutuhkan. Hal ini karena, untuk membuatnya diperlukan teknik khusus yang memang butuh dipelajari. Peralatan untuk membuatnya pun ada dan tersedia. Ada jarum suntik untuk menyuntikkan berbagai bentuk motif ke puding yang hendak dihias. Serta berbagai bentuk motif yang digunakan untuk membuat hiasan pada puding. Berikut ini peralatan yang dibutuhkan untuk membuat puding art.
Sumber : Aliexpress.com

Sumber : tokopedia.com
Nah, Di Bengkulu ini, salah satu kreator untuk puding art ini bernama Windi Andini. Dia sudah banyak menciptakan berbagai kreasi puding art yang dibentuk sedemikian rupa serta dijual dengan harga yang berbeda-beda. Untuk diketahui, puding art ini bisa disajikan untuk berbagai acara, misalnya arisan, acara santai hingga untuk simbol ucapan tertentu kepada orang lain maupun pasangan. Bisa jadi pengganti Kue Ulang Tahun. Seperti yang sudah disebutkan diatas, harga yang di patok pun berbeda-beda, tergantung dengan bentuk, ukuran serta kreasi yang diciptakan. Misalnya saja, untuk puding art dengan ukuran  kurang lebih 14 cm ini harganya hanya sekitar Rp 35.000,- dengan catatan pemesanan minimal 2 cup. Contoh gambarnya sebagai berikut ini nih :
Pemesanan minimal 2 cup dengan total harga Rp 35.000,-
Nah, kalau kalian mau pesan dengan ukuran yang lebih besar bisa juga loh. Kalian bisa memesan ukuran 22x22 cm dengan harga Rp. 130.000,-. Contoh gambarnya sebagai berikut ini ya :
Puding Art ukuran 22 x 22 cm seharga Rp 130.000,-
Nah, ada lagi puding art senilai Rp 95.000,- yang ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan sebelumnya. Ini puding art dengan hiasan bunga yang disertai pula ucapan ulang tahun. Melihat gambarnya saja sudah bikin ngiler ya.(^_^)

Puding Art seharga Rp 95.000,-
Untuk motif sendiri, kita bisa request sesuai dengan keinginan kita, mau bunga, ikan, kartun dan lain sebagainya. Contoh-contoh motifnya bisa dilihat berikut :
Puding Art dengan motif Ikan

Puding art dengan motif Hello Kitty
Bila ingin langsung memesan, bisa langsung menghubungi contact berikut ya guys 
Windi Andini 0852-6829-8631
IG 


Rabu, 23 Mei 2018

Penjabat Walikota Kagumi Masjid Umar bin Khatab


Bengkulu, InfoPublik - Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun melakukan safari ramadan ke Masjid Umar bin Khatab, Rabu (23/5) malam. Ia pun mengaku kagum dengan keindahan masjid yang berada di Jalan Merpati 16 Rawa Makmur Permai tersebut.

"Mulai masuk tadi saya sudah terenyuh. Alap (bagus) masjid ini," ucapnya.

Dia pun berharap agar masjid-masjid yang berdesain bagus seperti masjid Umar bin Khatab bisa makin banyak di Kota Bengkulu. Sebab, kota ini adalah gerbang dari Provinsi Bengkulu.


"Tapi kita ini lebih banyak menumpuk harta, beli tanah, beli kebun. Tapi membuat masjid pikir-pikir," ungkapnya.

Dia pun berharap makin banyak masyarakat yang tergerak hatinya untuk membangun masjid. Lebih dari itu, masjid-masjid tersebut dimakmurkan.

"Inilah yang dinamakan rezeki yang berkah. Kalau salah guna, tidak berkah.Makanya kita berdoa agar rezeki kita berkah," jelasnya.


Sebelumnya, Pengurus Masjid Umar bin Khatab, Mahidin Alwi mengatakan masjid ini baru didirikan. Diresmikan oleh Walikota Bengkulu sebelumnya yaitu Helmi Hasan, pembangunan masjid ini akan terus dilanjutkan.

"Saat ini, di bagian belakang sudah kita lantai, tapi atapnya belum. Jadi belum bisa kita gunakan kalau hujan," paparnya.

Dia pun mengucapkan terimakasih atas perhatian pemerintah dengan warga yang ada di sana. Pasalnya, jalan-jalan lingkungan di Rawa Makmur Permai saat ini sudah mulus.

"Dulu kami ini merasa sangat dipinggirkan. Tapi saat ini, jalan kami sudah bagus, sudah diaspal sampai ke masjid ini. Kami mewakili masyarakat Rawa Makmur Permai ini mengucapkan terimakasih," ungkapnya.


Untuk diketahui, masjid Umar bin Khatab awalnya adalah rumah pribadi milik keluarga besar Muhammad Nuh (Alm). Rumah tersebut kemudian diinfakkan dan dijadikan Masjid dengan maksud agar bermanfaat untuk banyak orang.

Berada sekira 100 meter dari jalan raya, masjid ini memiliki kubah berwarna hijau bak majid Nabawi. Bangunannya pun nampak bersih dan indah, dilengkapi dengan air conditioner yang membuat jamaah nyaman melaksanakan ibadah di dalah masjid.

Dalam safari ramadan ini, tampak pula beberapa unsur FKPD Kota Bengkulu dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bengkulu. Kegiatan ini ditutup dengan tausyiah oleh Ustaz H. Burhanudin, serta tarawih dan witir berjamaah. (rilis/MC Kota Bengkulu)

Pewarta : Tedi
Foto : Aang
Editor : Nugroho
Baca selengkapnya
https://mediacenter.bengkulukota.go.id/penjabat-walikota-kagumi-masjid-umar-bin-khatab/

Minggu, 20 Mei 2018

Pemenang Nulis Serempak Kelas Blogger 9 Bersama Rumah Tahfidz Bakti Ilahi

Assalamualaikum.Wr.Wb

Hai sobat Bobe. Berikut ini akan kami umumkan para pemenang #nulisserempak kelas Blogger 9 bersama Rumah Tahfidz Bakti Ilahi yang dilakukan oleh Blogger Bengkulu pada bulan April yang lalu.

Kegiatan ini bertajuk Tausyiah Blogger yang dilaksanamdi di Rumah Tahfidz Bakti Ilahi atau RTBI.


Para pemenang itu adalah.

Ini disebutkan berdasarkan nama akun Instagram mereka.

@sunardiakmal

http://www.sunardiakmal.com/2018/05/tausyiah-blogger-di-rumah-tahfidz-bakti-ilaahi-bengkulu.html

@inokari

http://www.inokari.com/2018/05/rumah-tahfidz-bakti-ilahi-bengkulu.html
@pujisukma

http://www.pujisukma.com/2018/05/ayo-menulis-sebarkan-kebaikan-melalui.html?m=1

Masing-masing akan mendapatkan uang sebesar Rp. 50.000 dan mendaMendap buku Smart and Happy Mom karya Milda Ini yang diterbitkan oleh PeneePen Tiga Serangkai.

Selamat ya kepada para pemenang. Sebenarnya banyak tulisan bagus. Namun. Para peserta banyak yang tidak mengikuti syarat dan ketentuannya. Misalnya 
1. Tidak ada backlink ke web Bobe.

2. Tidak memuat disclaimer pada artikelnya.

Kalo yang lainnya misalnya dari segi tulisan sudah lumayan bagus. Dan semoga bisa terus diasah sehingga bisa menuliskan hal-hal yang baik.

Terima kasihnya RTBI atas kerjasamanya semoga dapat terus terjalin dan main ditingkatkan. 

Sampai jumpa Bobe di kelas blogger 10 ya di bulan Mei 2018 ini. 

Tarawih Bersama Warga, Pemkot Jaring Aspirasi




BENGKULU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar safari ramadan dengan melakukan salat isya dan tarawih berjamaah di Masjid Bustanul Ulum, Jalan Tutwuri Handayani, Kelurahan Padang Nangka, Kecamatan Singaran Pati, Sabtu (19/5/2018) malam.

Penjabat Walikota Bengkulu Budiman Ismaun mengatakan safari ramadan ini ditujukan untuk menjalin silaturahmi sekaligus mendengarkan aspirasi dari masyarakat. 

“Kami hadir disini untuk mendengar kritik dan saran dari masyarakat sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan pembangunan ke depan,“ ujar Budiman.

Lebih lanjut budiman juga menyampaikan tentang kondisi Indonesia saat ini. Menurutnya, masyarakat harus waspada terhadap segala bentuk tindak kriminal. 

"Ketua RT dan pengurus lainnya harus memperhatikan lingkungan sekitar, jadi kalau misalkan ada tamu yang tidak diketahui asal usulnya maka harus segera ditindaklanjuti,” sampainya.


“Kita juga harus selalu waspada, terlebih lagi saat ini begitu banyak aksi terorisme, bukan tidak mungkin Bengkulu bisa menjadi target sasaran mereka. Maka dari itu tugas kita semua yaitu menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan,” tutupnya.


Dalam kesempatan ini, Anwar selaku ketua RT dan pengurus Masjid Bustanul Ulum berharap agar Pemkot Bengkulu dapat membantu dalam pembentukan Taman Pendidikan Al Quran (TPQ)

“Anak murid kami di sini sudah ada 100 orang, namun karena kurangnya tempat belajar yang kondusif maka kami ingin ada TPQ supaya anak-anak lebih nyaman dalam pembelajarannya," ujarnya.

Untuk diketahui, safari ramadan ini juga diikuti oleh pejabat struktural Pemkot Bengkulu, pengurus RT setempat dan masyarakat sekitar.

Pewarta : Piter jv
Fotograper : Sayyid
Editor : Nugroho

Baca selengkapnya
https://mediacenter.bengkulukota.go.id/tarawih-bersama-warga-pemkot-jaring-aspirasi/

Sabtu, 19 Mei 2018

Presiden Soal Atasi Terorisme : Tindakan Preventif Lebih Penting dari Langkah Represif



JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa untuk mengatasi masalah terorisme, tindakan preventif jauh lebih penting dibandingkan langkah-langkah represif. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden dalam sambutannya saat berbuka puasa bersama pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Kerja, tokoh agama Islam, dan tokoh-tokoh lainnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat, 18 Mei 2018.

"Langkah-langkah preventif yang paling baik adalah bagaimana kita semuanya bisa membersihkan lembaga-lembaga pendidikan dari TK, dari SD, dari SMP, SMA, Perguruan Tinggi, dan juga ruang-ruang publik, mimbar-mimbar umum, dari ajaran-ajaran ideologi yang sesat yaitu terorisme," ucap Presiden.

Hal ini menjadi sorotan Presiden karena dari serangkaian aksi terorisme yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, semuanya melibatkan anak-anak di bawah umur.

"Seharusnya anak-anak ini, masih dalam kondisi, mungkin masih senang bermain-main di halaman rumah atau di gang-gang, dan juga seharusnya anak-anak ini juga masih dalam kondisi senang-senang sekolah. Dan mungkin juga masih senang-senangnya berkumpul dengan keluarga, berkumpul dengan teman-temannya," katanya.

Baca Juga

Presiden menggarisbawahi betapa kejam dan kejinya ideologi terorisme yang sudah melibatkan anak-anak dalam melakukan aksinya. Oleh karena itu, Presiden berharap tidak ada lagi keluarga yang hancur karena ideologi sesat seperti terorisme.

"Saya hanya ingin mengingatkan artinya ini apa? Artinya ideologi yang kejam ini, ideologi terorisme ini telah masuk ke dalam sendi-sendi keluarga kita, keluarga di Indonesia. Ini yang harus hati-hati di sini," ujar Kepala Negara.

Peran keluarga, lanjut Presiden, seharusnya membangun masa depan anak, memberikan rasa optimisme kepada anak, memberikan nilai-nilai yang baik, dan nilai-nilai budi pekerti kepada anak. "Tapi justru kebalikannya, hilang semuanya karena keluarga itu mengikuti ideologi terorisme," lanjutnya.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan bahwa pemerintah dan DPR sedang berusaha agar Undang-Undang Antiterorisme bisa segera diselesaikan secepatnya. Sementara itu, terkait proses pembentukan Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI untuk menangani terorisme, Presiden mengatakan bahwa hal tersebut hanya akan dilakukan apabila situasi sudah di luar kapasitas Polri.

"Pemerintah dalam proses membentuk Komando Operasi Khusus Gabungan yang berasal dari Kopassus, dari Marinir, dari Paskhas, dalam rangka memberi rasa aman kepada masyarakat, tetapi dengan catatan itu dilakukan apabila situasi sudah di luar kapasitas Polri," ujar Presiden.

Sumber : Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden

Baca selengkapnya

Jumat, 18 Mei 2018

BOBE, Nobar Film 212 The Power Of Love

Assalamualaikum. Wr. Wb
www.bloggerbengkulu.com_ Bobe nobar film 212 the power of love

Siang itu, Jumat 18 Mei 2018. Bone mau nobar film 212 the power of love di Mega Mall yang terletak di jalan KZ . Abidin 2.


Bobe yang sudah konfirmasi mau nonton. Ada Ria Fasha
Inokari
Fira Firdaus
Piter Julius Vero
Dian Fasha
Aly

Mereka sudah siap otw ke bioskop. Kita janjian mau nonton jam 14.20 wib.

Jam itu dipilih sebab keluarnya hampir jam setengah lima jadi masih bisa untuk persiapan buka puasa. 


Namun, satu kesalahan karena tidak mengecek kembali jadwal tayang film. Ternyata di sana yang tayang filmnya ada di jam 16.20. 

Beeaaah, saya sama Fira akhirnya mundur dan ga bisa ikutan nonton. Soalnya sudah pasti itu pulangnya sore. 

Jadi akhirnya kita menghubungi Bobe yang lainnya. Jadi sore itu setelah dihubungi. Ada delapan Bobe yang nonton. Ditambah Eka, Aang dan Nova.

Film 212 ini sudah tayang sejak tanggal 9 Mei di berbagai bioskop yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk Bengkulu.

Sinopsis Film 212

212 The Power of Love merupakan film drama religi Indonesia terbaru 2018. Film 212 The Power of Love ini  disutradarai oleh Jastin Arimba yang sekaligus berperan sebagai produsernya. Jastin Arimba juga akan dibantu oleh produser lain yakni Imam Saptono, Oki Setiana Dewi dan Co Produser Ustadz Erick Yusuf. Naskah skenario film 212 The Power Of Love ditulis oleh Jastis Arimba bersama Ali Eounia. Naskah tersebut disupervisi oleh Helvy Tiana Rosa, seoranf sastrawan terkemuka di Indonesia.
Peristiwa luar biasa ini diproduksi dalam bentuk film berjudul “212 The Power Of Love” oleh rumah produksi film Warna Pictures.  Kisah cerita film ini diadaptasi dari kisah nyata seseorang skeptis terhadap agama Islam dan ia terjebak dalam perjalanan aksi 212 di Monumen Nasional.
Aksi 2 Desember 2016 silam yang juga populer dengan istilah Aksi 212, merupakan peristiwa penting yang menjadi tonggak dalam sejarah umat Islam khususnya di Indonesia. Pada tanggal tersebut berjuta-juta umat Islam berkumpul memadati kawasan Monas untuk menyatakan rasa cinta mereka pada Allah SWT dan kitab Al Quran.
Sang sutradara, Jastis Arimba pun mengklarifikasi baha film ini dibuat berdasarkan fakta dan data yang diambil pun berdasarkan dalam peristiwa fenomenal aksi 212 tersebut. Namun, terdapat alur cerita yang penokohannya terinspirasi dari kisah-kisah emosional bersifat fiktif dan sangat menyentuh ketika aksi damai berlangsung.
Film ini bukan hanya bercerita tentang kekuatan cinta antara sesama manusia saja, namun juga dengan Sang Pencipta.
Pemeran utama dalam film ini adalah aktor senior Fauzi Baadila. Ia akan didampingi oleh beberapa artis berbakat lainnya seperti Adhin Abdul Hakim, Asma Nadia, Ustadz Erick Yusuf, Hamas Syahid, Ronny Dozer, Meyda Sefira dan masih banyak lainnya.

Alhamdulillah, akhirnya hari ini Bobe bisa juga nobar film ini. 
Semoga banyak manfaat yang bisa Bobe ambil dengan menonton film ini selain kebersamaan.
Salam

Kamis, 17 Mei 2018

Rumah Bung Karno di Bengkulu, Nominasi Wisata Sejarah Terpopuler






Rumah pengasingan Bung Karno, Sang Proklamator Indonesia di Bengkulu, masuk sebagai salah satu nominasi situs wisata terpopuler versi  Pesona Indonesia (API) tahun 2018. Rumah Bung Karno masuk kategori situs wisata sejarah terpopuler. Rumah Bung Karno masuk nominasi API bersama dengan objek wisata Bukit Kandis di Bengkulu Tengah. Untuk Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopular, wisata Bukit Kandis sebagai lokasi panjat tebing yang menantang. Tentunya hal ini membuat saya sebagai warga Bengkulu bangga.  Harapannya objek wisata Bengkulu, khususnya Rumah Bung Karno nantinya benar-benar terpilih sebagai objek wisata terpopuler Indonesia.

Bicara soal Rumah Bung Karno, saya sudah berulang kali ke rumah nan asri yang terletak di kawasan Jalan Soekarno, Kelurahan Anggut Atas ini. Mengantar tamu undangan yang hadir pada kegiatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu, organisasi kewartawanan yang saya ikuti atau mengantar keluarga dari luar daerah yang berkunjung ke Bengkulu. Jadi ya saya sudah hapal dengan seluk beluk Rumah Bung Karno. 

Setahu saya setiap orang luar yang datang ke Kota Bengkulu selalui berkunjung Rumah Bung Karno sebagai tujuan wisata utamanya. Berikuntya baru mengunjungi obejk wisata lainnya seperti, Benteng  Marlborough, Rumah Fatmawati, Masjid Jamik, Pantai Panjang hingga Tapak Paderi. Apalagi posisi Rumah Bung Karno satu kawasan dengan pusat oleh-oleh khas Bengkulu. Mereka yang membeli oleh-oleh untuk teman, keluarga atau kerabat biasanya menyempatkan diri singgah ke rumah Bung Karno. Bahkan ada yang sengaja membeli oleh-oleh khas Bengkulu di Rumah Bung Karno, yang memang ada penjual khas oleh-oleh Bengkulu di sana. Oleh-oleh yang dijual pun cukup lengkap mulai dari kaos bergambar Bung Karno dan bertuliskan kata-kata populer milik Bung Karno, makanan khas Bengkulu seperti kue tat, perut punai, hingga ke kain Batik Basurek yang sudah dijahit beragam bentuk. Ada baju, tas, dompet, hingga syal.

Nah pada kesempatan ini, saya akan mengulas spesifik tentang Rumah Bung Karno. Jadi bukan hanya saya dan warga Bengkulu atau mereka yang pernah berkunjung ke Bengkulu saja bisa menikmati suasana Rumah Bung Karno. Tetapi semua orang bisa merasakan dan melihat seperti apa gambaran rumah Bung Karno melalui internet. Dengan berkunjung ke blog. Salah satunya berkunjung ke blog saya ini atau mensearching Rumah Bung Karno di internet.

Untuk tiba di Rumah Bung Karno pengunjung bisa melewati berbagai jalan yang berbeda. Dari arah Pantai Panjang, kawasan Kampung dan dari arah Simpang Lima Ratu Samban. Umumnya wisatawan masuk lewat Simpang Lima. Rumah Bung Karno berada di Jalan Soekarno, Kelurahan Anggut Atas, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Letaknya berdekatan dengan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu. 

Dari keterangan penjaga Rumah Bung Karno
, sebelum menjadi rumah pengasingan ayahanda Ketua Umum Partai Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati, rumah itu milik seorang pedagang asal Tionghoa Lion Bwe Seng. Rumah itu lalu disewa Belanda untuk menempatkan Soekarno selama diasingkan di Bengkulu.  Soekarno sendiri menempati rumah pada masanya yang masih terpencil dan sepi pada 1938-1942.

Rumah pengasingan Bung Karno memiliki halaman luas. Terhampar sekitar 20 meter
an menuju rumah utama.. Halamannya begitu asri dan terawat. Ditumbuhi reremputan hijau yang tingginya tak lebih dari mata kaki dan dipinggirannya dikelilingi bunga berwarna warni nan cantik. Ada pula pepohonan cukup besar dan rindang daunnya cukup membuat teduh dan nyaman untuk beristirahat. 

Lahan asli Rumah Bung Karno berukuran asli 162 m² dengan luas bangunan 9 x 18 m. Bentuk bangunannya persegi panjang dan atapnya berwarna merah. Dari depan rumah ini dominan dicat dengan warna sendu, yakni putih, kuning gading. Bagian teras depannya diberikan sentuhan kanopi bercorak merah putih untuk melindungi bagian depan rumah dari teriknya sang surya.
Rumah itu terdiri atas lima ruangan, yaitu 1 ruang kerja di bagian depan, 1 ruang tamu, 1 kamar tidur tamu, dan 2 kamar tidur keluarga.



Begitu tiba di depan rumah Bung Karno, untuk memasukinya pengunjung menaiki anak tangga terbuat dari semen yang tak begitu tinggi. Tiba di teras depan rumah, kita pengunjung dihadapkan dua pilihan mau masuk dari arah mana. Dari pintu utama yang berada ditengah dengan daun pintu ganda berbentuk persegi panjang ke atas berkisi-kisi sehingga angin sepoi bisa masuk. Pilihan kedua begitu melihat ke arah sisi kanan ada pula pintu lain yang menghadap ke bagian samping kanan. Didepannya terdapat sebuah meja dan kursi dengan seorang penjaga tempat mengisi buku tamu. Biasanya saya memilih masuk dari pintu samping kanan ini. Karena pintunya lebih menjorok ke depan dibanding pintu utama.

Ruang kerja Bung Karno.
Ruangan di samping kanan itu merupakan ruang kerja Bung Karno. Di dalam ruang kerja ini terdapat beberapa benda koleksi meja kerja Bung Karno. Buku koleksi milik Bung Karno yang kerap ia baca semasa dasingkan di Bengkulu.  Koleksi  buku Bung Karno yang masih tersipan rapi dalam sebuah almari di ruangan itu antara lain, berjudul Lagrimas, Een Engelop Earde, Caecilia Bohl de Faber, De Weg De Vraou En Het Huis, ditulis D.J, Van der Laan, serta buku-buku lainnya.

Di ruangan yang sama terdapat pula koleksi foto desaign Rumah Bung Karno dan Desaign Masjid Jamik. Masjid ini juga peninggalan Bung Karno letaknya di kawasan Suprapto, Pintu Batu. Berjarak sekitar 1 Km dari Rumah Bung Karno.

Ruang Keluarga
Berikutnya memasuki ruangan di belakang ruangan kerja ada ruangan keluarga, Di ruangan ini terdapat sebuah lemari berisikan kostum perkumpulan sandiwara Monte Carlo. Yakni komunitas sandiwara yang dibina Bung Karno dan Inggit Garnasih selama pengasingan di Bengkulu. Kostum dominan berwarna merah ini sering dipakai bila pertunjukann seni dilaksanakan. Menurut informasi pertunjukan Monte Carlo menjadi salah satu wadah bagi Bung Karno dalam menanamkan semangat cinta tanah air kepada para pemuda dan masyarakat Bengkulu.

Ruang kamar Tamu
Melangkah ke arah kiri ruangan keluarga di sampingnya ruangan utama yakni kamar tamu. Di ruangan ini terdapat beberapa foto Bung Karno dengan para sahabatnya. Seperti Bung Karno bersama K.H. Mas Mansyur. Saat diasingkan di Bengkulu Soekarno pernah bertemu dengan K.H. Mas Mansyur, yang ketika itu menjabat Ketua Pengurus Besar Muhammadiyah. Berikutnya ada pula foto Abdul Karim atau Oei Tjeng Hien. Karim Oei salah tokoh dari keturunan Tiong Hoa yang memperjuangkan Islam dan Kemerdekaan Indonesia. Berikutnya foto Bung Karno bersama Buya Hamka. Sang ulama besar sahabat Bung Karno, namun karena perselisihan Buya Hamka dipenjarakan oleh Bung Karno. Kemudian ada juga foto Bung Karno dengan Abdul Manaf yang dikenal sebagai seorang anggiota Panji Islam dan Al-Manaar di Bengkulu. Abdul Manaf diketahui sebagai orang yang memberikan Soekarno buku  secara diam-diam Berikutnya ada foto Bung Karno dan Hanafi. Seorang tokoh evolusi Indonesia.


Ruangan Utama/Ruang Tamu




Disamping ruangan keluarga di arah kiri ada ruangan utama. Letaknya juga tepat di depan pintu utama. Di ruagan ini  terdapat sepeda ontel yang biasa dipakai suami Inggit Ganarsih  itu selama diasingkan di Rumah Bung Karno. Sepeda ini menjadi favorit pengunjung untuk berselfie ria. Sepeda itu dilindungi dengan kotak kaca berwarna bening, agar pengunjung tidak mengutak-atiknya. Menurut cerita sepeda ini bukanlah sepeda asli yang sering dipakai Bung Karno semasa pe ngasingan di Bengkulu. Konon mereka sepedanya berbeda. Sepeda milik Bung Karno bermerek Fongers sedangkan sepeda yang terpajang di ruangan tamu itu mereknya Relli.

Mengalihkan pandangan ke arah kanan di ruangan yang sama. Disudut ruangan terdapat meja kursi terbuat dari kayu
perpaduan rotan dibagian sandarannya . Kursi bernuasa coklat itu tempat sang Soekarno menerima tetamunya. Meja kursi ini diikat dengan tali dan tidak boleh diduduki pengunjung karena sudah rapuh.


Di ruang tamu juga terdapat foto Bung Karo setenah badan  berukuran cukup besar. Ada juga foto Bung Karno bersama sang istri Inggit Gunarsih, dan foto Bung Karno bersama rekan-rekan seperjuangannya. Terpajang pula di ruang tamu itu koleksi buku-buku milik Soekarno yang kerap ia baca semasa pengasingan di Bumi Rafflelsia.

Ruangan Kamar Tidur


Cukup tertegun dengan ruang tamu, mulailah beralih ke ruangan lainnya di bagian belakang ruang tamu. Ruangan ini tempat tidur. Dikamar ini juga terdapat foto Inggit Ganarsih dan Soekarno berukuran besar dan foto Bung Karno dengan Ayahnya Raden Sukemi Sostrodihardjo

Terdapat pula ranjang tua berwarna hitam lengkap dengan kelambu berwarna putih yang tersingkap disisipkan ditiang ujung depan ranjang. Tempat Bung Karno dan istri ketiga Inggit Ganarsih berkasih sebelum akhirnya berpaling hati jatuh cinta dengan dara belia asli Bengkulu nan jelita Fatmawati. Yang kelak menjadi ibunda lima bersaudara Megawati, Sukmawati, Guntur dan Guruh.  Kemudian disisi kananya terpajang sebuah meja rias buatan Bung Karno berukuran sekitar 160 Cm terbuat dari kayu berwarna coklat. Meja rias ini terbagi dua sisiwa sisi pertama cermin yang panjang dan sisi keduanya kisi-kisi susunan papan sepertinya tempat meletakkan alat kosmetik untuk mempercantik diri.  


Kamar Ratna Djuami dan Kartika
Berikutnya ada kamar tidur anak angkat Bung Karno, yaitu Ratna Djuami dan Kartika. Informasi sekilas mengenai Ratna Djuami lahir di Bandung pada 4 Mei 1923 dari pasangan Sumarta dan Murtasih. Murtasih merupakan  kakak Inggit Garnasih, artiya ipar Bung Karno. Menemani Ratna Djuami ada anak angkat Bung Karno dan Inggit lainnya, Sukarti  yang diganti namanya menjadi Kartika oleh Bung Karno. Kartika merupakan putri sulung keluarga Atmo Sudirdjo, seorang juru ukur yang bekerja pada dinas pekerjaan umum pemerintahan Kolonial Belanda.
Sumur Bertuah
Melangkah ke belakang lagi kita memasuki bagian belakang rumah Bung Karno. Terdapat teras di bagian belakang. Kalau kita melangkah dari depan rumah, di sisi sebelah kiri teras belakang terdapat penjualan oleh-oleh khas Bengkulu. Ada satu dua orang penjaganya. Oleh-oleh berbagai kue khas Bnegkulu, seperti  kue tat, kue peut punai, juada kare diletakkan dan dibariskan rapi di atas sebuah meja berukuran cukup besar. Lalu ada juga baju kaos bergambar Bung Karno yang bertuliskan kata-kata yang dipopulerkan Bung Karno dan kaos tentang Bengkulu dipajang dengan digantung. Selain itu ada juga tas, dompet, tempat pensil dan syal, yang kesemuanya terbuat dari kain Batik Besurek. Batik khas Bengkulu yang berciri khas tulisan huruf arab gundul dan Bunga Rafflesia Arnoldy yang juga bunga khas Provinsi Bengkulu. Baju batik basurek beraneka warna. Ada hijau, kuning, merah, pink, putih dan lainnya. Umumnya perpaduan dua hingga tiga warna yang serasi sekaligus.





Puas melihat-lihat dan membeli oleh-oleh untuk dibagikan ke orang-orang terdekat. Kita turun dari rumah Bung karno. Disebelah kanan ada sebuah sumur tua bercincinkan semen dengan derek besi dan ember timba berwarna hitam berukuran sedang. Sumur di kediaman Bung Karno ini cukup asri didekatnya tumbuh sebuah pohon cukup tinggi yang bunganya berwarna pink.




Cincin sumur tingginya sepinggang orang dewasa. Jadi cukup aman bila kita ingin menimba airnya. Airnya jernih, sejuk dan segar. Sangat enak untuk mencuci tangan kaki apalagi muka. Sumur di rumah Bung Karno ini unik lho. Dipercaya sebagai sumur bertuah. Bagi siapa yang berkunjung ke Rumah Bung Karno lalu mencuci muka dengan air sumur Bung Karno ini dipercaya nanti mukanya akan lebih berseri dan bisa awet muda. Bagi yang perempuan bisa makin cantik dan yang laki-laki bisa makin tampan. Makanya bila musim pemilihan legislatif atau kepala daerah, banyak calon anggota dewan atau calon kepala daerah datang ke Rumah Bung Karno. Mencucui mukanya di sumur keramat ini. Kalau mukanya berseri cantik atau ganteng masyarakat banyak yang suka jadi harap-harap bisa terpilih.
Terkait dipercayanya sumur keramat di Rumah Bung Karno ini, mantan Wali Kota Bengkulu H Ahmad Kanedi SH MH pernah menuturkan, jargon sumur keramat itu digunakan hanya untuk mengenalkan objek wisata Ruah Bung Karno saja dan agar wisatawan tertarik datang ke Bengkulu. Tak perlu dipertentangkan apalagi dikait-kaitkan dengan syirik yang dilarang dalam agama Islam.







Usai mengelilingi rumah Bung Karno dengan santai, saatnya kita keluar dari perkarangan Rumah Bung Karno untuk melanjutkan aktivitas. Keluarnya kita lewat pekarangan samping kanan saja dari arah belakang. Disisi samping kiri rumah Bung Karno ini terdapat pelataran yang cukup luas sampai ke depan rumah Bung Karno. Dengan ditumbuhi rerumputan yang rapi dan terawat. Selain itu, juga tumbuh pohon yang cukup besar sehingga area di sekitarnya menjadi rindang. Sangat nyaman berjalan-jalan di pekarangan ini. Biasanya pengunjung menyempatkan diri duduk-duduk di bawah pohon sambil bercengkrama mendiskusikan perihal Rumah Bung Karno atau aktivitas selanjutnya yang mau ditekuni. Pelataran sebelah kiri ini juga asyik dijadikan objek berselfie atau berwefie ria.
Puas dudk-duduk sambil bercengkrama, saatnya beranjak pulang. Dimomen ini, pengunjung umumnya menyempatkan diri berfoto-foto di bagian depan Rumah Bung Karno. Di halaman depan yang luas dengan ditumbuhi bunga-bunga dan rerumputan yang terawat rapi.  Setelah itu tak lupa berfoto ria di gapura merek rumah kediaman Bung Karno berukuran cukup besar berlatar belakang keramik berwarna hitam dan tulisan berwarna putih. Setelah itu kita pun melangkah keluar dari pekarangan dan pagar rumah Bung karno. Sayonara. Nyaman dan enak kan ada di Bengkulu. Datang lagi ya, boleh ajak keluarga atau teman terdekat, Bumi Rafflesia menunggu. (**)






Rabu, 16 Mei 2018

Disdukcapil Kota Bengkulu Buka Layanan Adminduk Via WhatsApp



BENGKULU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu melakukan inovasi. Untuk memudahkan masyarakat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut membuka layanan administrasi kependudukan (adminduk) via WhatsApp.

“Inovasi ini dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 09 Tahun 2016 tentang Percepatan Peningkatan cakupan Akta Kelahiran,” ungkap Kepala Dukcapil Kota Bengkulu Sudarto, Rabu (16/5/2018).

Oleh karena itu, ia melanjutkan, apabila ada warga Kota Bengkulu yang melahirkan dan akan mengurus Akta Kelahiran dapat melengkapi berkas sebagai berikut:

1. Surat Keterangan Kelahiran.
2. Kartu Keluarga Asli.
3. Foto Copy KTP kedua orang tuannya.
4. Mengisi Formulir F2.02,
5. Foto Copy Akta Nikah Akta Perkawinan (dilegalisir).

Sudarto mengatakan masing-masing berkas persyaratan tersebut terlebih dahulu agar difoto dan dikirim melalui Whatsupp (WA) ke Nomor : 082211977797. Selanjutnya berkas tersebut akan diteliti oleh petugas.

“Apabila sudah lengkap akan diproses penerbitan Akta Kelahirannya, kemudian akan kami antar atau diambil oleh yang bersangkutan ditukar dengan berkas persyaratannya,” jelasnya.

Ia menambahkan, layanan via WhatsApp ini juga bisa dimanfaatkan masyarakat Kota Bengkulu konsultasi permasalahan Dokumentasi Administrasi Kependudukan.  (rilis/Media Center Kominfo Kota Bengkulu)

Pewarta : Tedi
Editor : Nugroho

Baca juga selengkapnya
https://mediacenter.bengkulukota.go.id/disdukcapil-buka-loket-perekaman-e-ktp-di-mega-mall/

Selasa, 15 Mei 2018

Launching Showroom Baru Central Elektro

Assalamualaikum. Wr. Wb

Apa kabar sobat Bobe semua. Siang itu , 14 Mei 2018. Pukul 15.00 - 17.00 wib. Beberapa sobat Bobe diundang oleh bapak Undang selaku owner dan direktur CV. Central Elektro untuk menghadiri launching show room baru mereka di jalan Salak Raya, Panorama.



Sekitar 16 orang Blogger hadir memenuhi undangan tersebut. 

Sampai di sana, show room sudah dipenuhi oleh banyak papan ucapan selamat dari berbagai pihak. 

Acara launching ini diawali dengan penyampaian profile perusahaan oleh bapak Undang sendiri. Ternyata CE ini baru juga, baru berusia tiga tahun . Namun perkembangan cukup pesat.

Tahun lalu, bulan Agustus 2017. Bobe juga pernah diundang pak Undang ke show room mereka yang di KM 6 . Sekarang di bulan Mei. Belum setahun. Sudah diundang kembali. 


Pak Undang juga menuammenyam bahwa, saat ini usaha CE yang memang fokus seputar AC sudah memiliki cabang di daerah Palembang dan Jambi.

Luar biasa sekali ya. Semoga makin sukses dan barokah usahanya .

Acara launching ini juga sekalian syukuran menempati gedung baru. Jadi ada tumpengnya. 


Tumpeng ini kemudian juga diberikan kepada Emak Bobe Mildaini. Kebagian dapat makan ayam goreng dan rendang jengkol, hahaha.

Oh, ya dalam acara launching ini. Digelar juga lomba blog seputar Central Elektro. Kalian yang suka menulis. Hayuk ikutan. Dealine sampai tanggal 24 Mei. Masih ada waktu dan masih bisa menuliskan. 


Info lengkapnya bisa dilihat di Instagram Bobe http://www.instagram.com/bloggerbengkulu

Hadiahnya juga mengiurkan dan bikin mioeng. Ada voucher belanja dan voucher perawatan AC. Mau kan!

Sampai jumpa di kegiatan Bobe selanjutnya ya

Salam.

Amankan Pilwakot, Pemkot Kerahkan 737 Anggota Linmas



BENGKULU - Untuk mengamankan ketertiban Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bengkulu 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mengerahkan 737 anggota Perlindungan Masyarakat (linmas). 

Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Marjon menyampaikan tugas mengamankan pesta demokrasi ini adalah tugas yang mulia. Dia pun berharap agar para anggota linmas mampu menjalankan tugas tersebut dengan baik.

"Anggota linmas harus menjaga keamanan dan ketertiban pada pilwakot 2018. Para anggota linmas harus aktif berkoordinasi dengan petugas keamanan seperti aparat kepolisian dan satpol pp," ungkap Marjon, di Hotel Bougenville, Selasa (15/5/2018).

Selain itu, ia juga minta agar para anggota linmas berperan aktif dalam meningkatkan animo masyarakat untuk menggunakan hak pilih. 

Senada, Kepala Satpol PP Kota Bengkulu Mitrul Ajemi mengatakan para anggota linmas ini adalah pintu pertama kali ketertiban dan keamanan dalam pilwakot mendatang. Mereka ini nantinya akan ditempatkan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Namun anggota linmas tidak boleh terlibat politik praktis," ucapnya.

Untuk diketahui, 737 ini berasal dari 67 kelurahan. Dimana, 1 kelurahan terdiri dari 11 anggota linmas. (rilis/MC Kota Bengkulu)

Pewarta : Tedi
Foto : Ernel

Baca selengkapnya 
https://mediacenter.bengkulukota.go.id/amankan-pilwakot-pemkot-kerahkan-737-anggota-linmas/

Up Grading Blogger Bengkulu Batch 1

Assalamualaikum. Wr. Wb

Hai apa kabar sobat Bobe. Hari Ahad lalu, tanggal 13 Mei 2018. Sekitar 20 sobat Bobe mengikuti kegiatan Upgrading blog bersama Cari Bengkulu di LPTIK, Universitas Bengkulu.


Peserta datang sekitar jam 13.00 sebab jam setengah dua acara di jadwal akan segera di mulai hingga pukul setengah empat. 

Di ruangan kak Robi owner Cari Bengkulu sudah menunggu. 

Ruangan atau gedung ini dulu lebih dikenal dengan nama Gedung Batik atau ICT Center Universitas Bengkulu.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan performa blog agar lebih baik dan mudah terindeks Google.


Mengapa Harus Upgrade Blog

Membuka potensi job
Kepuasan dan prestise

Dilakukan dengan

1. Kostumisasi Template
2. Membuat Relasi Link
3. Menggunakan robot.tnx
4.Mengatur URL Blog
5.Menyediakan RSS Feed

Ada pun blogger yang ikut kegiatan ini adalah 
Peserta undangan Launching Show Room
Senin, 14 Mei 2018
Jam 15.00 - 17.00 wib
Lokasi Dekat UMB Panorama

1. Milda
www.mildaini.com

2. Fira Firdaus
www.firafirdauss.com

3. Zefy Arlinda
www.zarlinda.com

4. Peri Hariansyah
www.lifebrown.com

5. Ria Fasha
www.riafasha.com

6. Zefpron
www.zeffron.com

7. Intan
www.inokari.com

8. Fira Kahar
www.firakahar.com

9. Cariti
www.cariti.id

10. Hairi
www.hairiyanto.com

11. Nengsih
www.anekaresma.com

12. Piter
www.sepenggal.info

13. Aang
www.tanjungbungo.com

14. Puji
www.pujisukma.com

15. Apura
www.katapura.com

16. Rachma kahar
www.rachmakahar.com

17. Alpha
www.kontenpemimpi.com

Tiga orang berhalangan untuk hadir. Namun blog yang di daftarkan dalam up Grading ini lebih dari 17. Sebab sebagian besar blogger mempunyai lebih dari satu blog.


Kegiatan ini akan dibuat dua tahap dan akan dilakukan secara kontinyu. Direncanakan pada setiap enam bulan sekali. 

Dijelaskan oleh Milda selaku founder Bobe dan pemilik www.mildaini.com bahwa kegiatan ini dilakukan sebab Bobe sudah menuju usia dua tahun. Kalo di awal kita masih mengumpulkan orang -orang yang berminat ngeblog. Kita edukasi dan bimbing dalam bentuk kegiatan kopdar di setiap bulan. Lalu dilalanjudi di tahun kedua dengan yang lebih agak mendalam, seperti kelas Blogger , jadi pertemuan atau kumpul blogger juga harus disertai oleh ilmu. Bukan cuma kongkow doang. Nah, sekarang mulai diupgrade ilmu supaya menjadi lebih baik. Sebab ilmu nloggibl itu luas. Blogger perlu belajar banyak hal danenambah wawasan.

Bagi yang belum ikut kegiatan ini bisa mengikuti di batch selanjutnya.

Sampai jumpa di kegiatan Bobe selanjutnya .

Salam